Didalam kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas tentang penerapan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari, mungkin ini pengertian dari asmaul husna yaitu asmaul husna terdiri atas dua kata, yaitu asma dan husna. Dimana Asma memiliki arti nama-nama dan Husna memiliki arti yang baik juga indah. Jika disatukan maka Asmaul Husna memiliki arti “Nama-nama Allah yang baik dan juga indah yang hanya dimiliki oleh Allah SWT. sebagai bukti kebesaran-Nya. Kata Asmaul Husna itu sendiri diambil dari ayat Al-Quran yaitu Q.S Taha/20:8 artinya ” Allah SWT. tidak ada Tuhan melainkan dia.

Mungkin apabila kita telah mempelajari asmaul husna tentulah keimanan kita bertambah kepada Allah Swt. dan sebagai orang yang beriman kita harus dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari hari agar memperoleh rahmat, anugrah, dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

asmaul husna

Nah mungkin ini sebagai contoh penerapan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  1. Menjadi orang jujur dan dapat memberi rasa aman

Mungkin sifat ini adalah salah satu sifat dari Allah SWT yaitu al-mu’min untuk sebagai contonya menolong teman atau orang lain yang sedang dalam bahaya atau ketakutan dan menyingkirkan sesuatu yang dapat mengakibatkan bahaya bagi orang lain yang seperti ada paku di jalan

  1. Menjadi orang yang dermawan

Mungkin sifat ini adalah salah satu sifat dari Allah SWT yaitu Al-karim, Menjadi orang dermawan itu berarti menjadi orang baik yang membagikan kebahagiaan terhadap orang lain dalam bentuk harta atau buka. Sebagai contohnya yaitu Menyisihkan sebagian uang jajan untuk kotak amal setiap hari jum’at, Menjamu tamu yang datang ke rumah, dan Menyisihkan uang jajan untuk kegiatan amal ketika ada yang terkena musibah.

  1. Menjadi Pribadi yang konsisten dan teguh pendirian.

Pribadi yang konsisten dan teguh pendirian merupakan perwujudan meneladani sifat Al-Matin. Contohnya yaitu tidak mudah terpengaruh oleh rayuan orang lain yang mengakibatkan diri kita celaka, Tidak mudah disogok untuk memilih suatu hal seperti pemungutan suaran pemilu, dan Kuat dan Sabar dalam menghadapi Ujian.

  1. Berkarakter pemimpin.

Berkarakter pemimpin merupakan pewujudan meneladani sifat Allah Swt. al-Jāmi. Contohnya yaitu mempersatukan orang yang sedang berselisih dan melakukan musyawarah mufakat untuk penyelesaian masalah, Rajin melaksanakan sholat berjamaah dan menjadi Imam,dan bersifat sosial tinggi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Mungkin itu sedikit yang bisa saya gambarkan tentang Penerapan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari, yang dimana masih banyak lagi yang lain nya, mudah-mudahan dengan sedikit pengertian saya tadi di atas kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari kita amin, terima kasih.

Filed under : Bisnis, tags: