Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2: Panduan Lengkap

Apakah Anda sering merasa terganggu dengan tampilan layar laptop yang terlalu kecil untuk menampilkan semua aplikasi yang Anda butuhkan? Jangan khawatir, Anda dapat membagi layar laptop menjadi dua bagian sehingga dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa kesulitan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membagi layar laptop menjadi dua dengan mudah.

Sebelum kita mulai, pastikan bahwa laptop Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, karena fitur ini hanya tersedia di Windows 10. Jika Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda, Anda mungkin perlu mencari cara lain untuk membagi layar laptop menjadi dua. Namun, jika Anda menggunakan Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membagi layar laptop dengan mudah:

Buka Aplikasi yang Ingin Anda Bagi dalam Mode Tampilan Penuh

Langkah pertama dalam membagi layar laptop menjadi dua adalah dengan membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan dalam mode tampilan penuh. Dengan membuka aplikasi dalam mode tampilan penuh, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi tersebut akan menggunakan seluruh ruang layar.

Panduan:

1. Buka aplikasi yang ingin Anda bagi dalam mode tampilan penuh.2. Klik tombol “Maksimalkan” di pojok kanan atas jendela aplikasi untuk memaksimalkan ukuran jendela.

Summary: Pastikan untuk membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan dalam mode tampilan penuh dengan mengklik tombol “Maksimalkan” di pojok kanan atas jendela aplikasi.

Pilih Aplikasi Lain untuk Dibagi di Sisi Lain Layar

Setelah membuka aplikasi pertama dalam mode tampilan penuh, langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi lain yang ingin Anda bagi di sisi lain layar. Anda dapat membuka aplikasi ini dengan mengklik ikon aplikasi di taskbar atau dengan menggunakan shortcut keyboard.

Panduan:

1. Buka aplikasi lain yang ingin Anda bagi di sisi lain layar dengan mengklik ikon aplikasi di taskbar atau menggunakan shortcut keyboard.2. Pastikan aplikasi tersebut tidak sedang berjalan dalam mode tampilan penuh.

Summary: Pilih aplikasi lain yang ingin Anda bagi di sisi lain layar dengan mengklik ikon aplikasi di taskbar atau menggunakan shortcut keyboard, pastikan aplikasi tersebut tidak sedang berjalan dalam mode tampilan penuh.

Tarik dan Jatuhkan Aplikasi ke Sisi Layar yang Diinginkan

Setelah membuka aplikasi kedua, langkah berikutnya adalah menempatkan aplikasi tersebut di sisi layar yang diinginkan. Anda dapat melakukan ini dengan cara menarik dan menjatuhkan jendela aplikasi ke sisi yang diinginkan.

Panduan:

1. Tarik jendela aplikasi kedua dengan menahan klik mouse pada jendela aplikasi.2. Pindahkan jendela aplikasi ke sisi layar yang diinginkan dengan menjatuhkannya.

Summary: Tarik jendela aplikasi kedua dengan menahan klik mouse dan pindahkan ke sisi layar yang diinginkan dengan menjatuhkannya.

Sesuaikan Ukuran Aplikasi yang Dibagi

Setelah membagi layar laptop menjadi dua, Anda mungkin perlu menyesuaikan ukuran aplikasi yang dibagi agar sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengubah ukuran jendela aplikasi yang dibagi.

Panduan:

1. Arahkan kursor mouse ke garis pembatas antara kedua aplikasi yang dibagi.2. Tunggu hingga kursor mouse berubah menjadi tanda panah ganda.3. Klik dan seret garis pembatas untuk mengubah ukuran aplikasi yang dibagi.

Summary: Arahkan kursor mouse ke garis pembatas antara kedua aplikasi, klik dan seret garis pembatas untuk mengubah ukuran aplikasi yang dibagi sesuai keinginan.

Mengganti Tampilan Aplikasi yang Dibagi

Selain mengubah ukuran aplikasi yang dibagi, Anda juga dapat mengganti tampilan aplikasi tersebut. Misalnya, Anda dapat mengubah aplikasi dari mode tampilan penuh menjadi mode jendela yang dapat Anda sesuaikan ukurannya.

Panduan:

1. Klik tombol “Restore Down” di pojok kanan atas jendela aplikasi untuk mengubah tampilan aplikasi dari mode tampilan penuh menjadi mode jendela.2. Seret dan ubah ukuran jendela aplikasi sesuai keinginan Anda.

Summary: Klik tombol “Restore Down” di pojok kanan atas jendela aplikasi untuk mengubah tampilan aplikasi dari mode tampilan penuh menjadi mode jendela yang dapat Anda sesuaikan ukurannya.

Menutup Aplikasi yang Dibagi

Jika Anda ingin menutup salah satu aplikasi yang dibagi, Anda dapat melakukannya dengan mudah tanpa mempengaruhi aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Panduan:

1. Arahkan kursor mouse ke pojok kanan atas jendela aplikasi yang ingin ditutup.2. Klik ikon “Close” (X) untuk menutup aplikasi tersebut.

Summary: Arahkan kursor mouse ke pojok kanan atas jendela aplikasi yang ingin ditutup dan klik ikon “Close” (X) untuk menutup aplikasi tersebut.

Membagi Layar Laptop dengan Menggunakan Shortcuts Keyboard

Jika Anda ingin membagi layar laptop menjadi dua dengan cepat, Anda dapat menggunakan shortcuts keyboard yang tersedia di Windows 10.

Panduan:

1. Untuk memindahkan aplikasi ke sisi kiri layar, tekan tombol “Windows” + “Panah kiri”.2. Untuk memindahkan aplikasi ke sisi kanan layar, tekan tombol “Windows” + “Panah kanan”.

Summary: Gunakan shortcuts keyboard seperti tombol “Windows” + “Panah kiri” atau “Windows” + “Panah kanan” untuk membagi layar laptop dengan cepat.

Mengubah Urutan Aplikasi yang Dibagi

Jika Anda ingin mengubah urutan aplikasi yang dibagi di layar laptop, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Panduan:

1. Klik dan seret judul jendela aplikasi yang ingin Anda pindahkan.2. Seret judul jendela aplikasi ke sisi layar lain yang diinginkan.

Summary: Klik dan seret judul jendela aplikasi yang ingin diubah urutannya ke sisi layar lain sesuai keinginan Anda.

Membagi Layar Laptop dengan Menggunakan Snap Assist

Snap Assist adalah fitur Windows 10 yang memudahkan Anda untuk membagi layar laptop menjadi dua dengan lebih cepat.

Panduan:

1. Buka aplikasi pertama dalam mode tampilan penuh.2. Seret aplikasi kedua dari daftar “Aplikasi Terbuka” di sisi kanan layar dan letakkan di sisi layar yang diinginkan.

Summary: Gunakan Snap Assist dengan membuka aplikasi pertama dalam mode tampilan penuh dan seret aplikasi kedua dari daftar “Aplikasi Terbuka” ke sisi layar yang diinginkan.

Menonaktifkan Fitur Membagi Layar Laptop

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur membagi layar laptop, Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui pengaturan di Windows 10.

Panduan:

1. Klik kanan pada taskbar.2. Pilih opsi “Pengaturan Snap”.3. Pastikan opsi “Atur aplikasi secara otomatis dalam mode tampilan samping saat sayamemindahkan mereka ke sisi yang berbeda dari layar” dimatikan.

Summary: Untuk menonaktifkan fitur membagi layar laptop, klik kanan pada taskbar, pilih opsi “Pengaturan Snap”, dan pastikan opsi “Atur aplikasi secara otomatis dalam mode tampilan samping saat saya memindahkan mereka ke sisi yang berbeda dari layar” dimatikan.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang dapat membagi layar laptop menjadi dua dengan mudah. Dengan cara ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa kesulitan. Namun, perlu diingat bahwa membagi layar laptop menjadi dua tidak hanya berguna dalam hal multitasking, tetapi juga dalam hal fleksibilitas dan efisiensi penggunaan ruang layar.

Mengoptimalkan Penggunaan Ruang Layar

Memahami dan menguasai cara membagi layar laptop menjadi dua dapat membantu Anda mengoptimalkan penggunaan ruang layar. Dengan membagi layar, Anda dapat mengalokasikan ruang yang tepat untuk setiap aplikasi yang Anda gunakan, sehingga memungkinkan Anda untuk melihat dan mengakses konten dengan lebih efisien.

Maksimalkan Produktivitas

Dengan membagi layar laptop, Anda dapat bekerja pada beberapa tugas secara bersamaan tanpa harus terus-menerus berpindah antara jendela aplikasi. Misalnya, Anda dapat menjalankan aplikasi email di satu sisi layar sementara di sisi lainnya Anda dapat membuka browser untuk mencari informasi yang Anda butuhkan. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

Multitasking yang Efisien

Dengan membagi layar laptop menjadi dua, Anda dapat melakukan multitasking yang lebih efisien. Anda tidak perlu lagi mengalami kebingungan saat mencoba mengingat atau mencari aplikasi yang sedang Anda gunakan. Dengan aplikasi yang terbuka dan terlihat di layar sepanjang waktu, Anda dapat dengan mudah beralih antara aplikasi tanpa kehilangan fokus atau waktu yang berharga.

Melihat dan Membandingkan Informasi dengan Lebih Mudah

Memiliki dua aplikasi yang aktif di layar secara bersamaan memungkinkan Anda untuk melihat dan membandingkan informasi dengan lebih mudah. Misalnya, jika Anda sedang membuat presentasi, Anda dapat menjalankan aplikasi PowerPoint di satu sisi layar dan membuka dokumen referensi atau gambar di sisi lainnya. Dengan cara ini, Anda dapat melihat konten dari kedua sumber dengan mudah tanpa harus terus-menerus berpindah antara aplikasi.

Tips dan Trik untuk Memaksimalkan Penggunaan Layar Laptop

Selain membagi layar laptop menjadi dua, ada beberapa tips dan trik lain yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan penggunaan layar laptop Anda.

Gunakan Desktop Virtual

Windows 10 memiliki fitur yang disebut “Desktop Virtual” yang memungkinkan Anda untuk membuat beberapa desktop virtual. Dengan menggunakan desktop virtual, Anda dapat mengatur aplikasi dalam kelompok yang berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda dapat memiliki desktop virtual untuk pekerjaan, desktop virtual untuk hiburan, dan desktop virtual untuk proyek kreatif. Dengan cara ini, Anda dapat mengatur aplikasi dengan lebih terorganisir dan mengurangi kekacauan di layar laptop Anda.

Manfaatkan Fitur Pencarian

Windows 10 memiliki fitur pencarian yang kuat yang dapat membantu Anda menemukan aplikasi atau file dengan cepat. Gunakan fitur pencarian untuk mencari aplikasi yang ingin Anda buka atau file yang ingin Anda akses. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi mencari secara manual melalui daftar aplikasi atau folder file Anda.

Atur Resolusi Layar

Jika Anda merasa bahwa ruang layar di laptop Anda terlalu terbatas, Anda dapat mencoba mengatur resolusi layar yang lebih tinggi. Dengan meningkatkan resolusi layar, Anda dapat menampilkan lebih banyak konten dalam satu waktu. Namun, perlu diingat bahwa meningkatkan resolusi layar juga dapat membuat ukuran teks dan ikon menjadi lebih kecil. Pastikan untuk menyesuaikan skala teks dan ikon sesuai dengan kenyamanan Anda.

Gunakan Eksternal Monitor

Jika Anda sering bekerja dengan tugas yang membutuhkan ruang layar yang lebih luas, pertimbangkan untuk menggunakan monitor eksternal. Menghubungkan laptop Anda ke monitor eksternal dapat memberikan Anda lebih banyak ruang layar untuk bekerja dan memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan tips dan trik ini, Anda dapat memaksimalkan penggunaan layar laptop Anda dan meningkatkan produktivitas Anda. Ingatlah bahwa membagi layar laptop menjadi dua hanyalah salah satu dari banyak cara untuk mengoptimalkan penggunaan ruang layar. Teruslah eksplorasi dan temukan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Dengan demikian, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membagi layar laptop menjadi dua. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membagi layar laptop Anda dan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa kesulitan. Memiliki kemampuan untuk multitasking dengan efisien dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam menjalankan tugas sehari-hari. Jadi, mulailah memanfaatkan fitur ini dan nikmati pengalaman multitasking yang lebih efisien dengan layar laptop yang terbagi menjadi dua!

Related video of Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2: Panduan Lengkap

Leave a Comment