Cara Membuat Story IG di Laptop: Panduan Lengkap dan Terperinci

Membuat Story Instagram (IG) di laptop dapat menjadi alternatif yang praktis bagi pengguna yang ingin berbagi momen singkat dengan pengikut mereka. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara membuat story IG di laptop, memungkinkan Anda untuk tetap terhubung dengan pengikut Anda dengan mudah dan efisien.

Menggunakan Instagram Web

Jika Anda ingin membuat story IG di laptop, Instagram Web adalah salah satu cara yang paling mudah dan cepat. Dengan mengakses Instagram melalui browser di laptop, Anda dapat mengunggah foto atau video langsung ke story Anda. Berikut adalah langkah-langkah lebih rinci untuk membuat story IG menggunakan Instagram Web:

Langkah 1: Buka Instagram Web

Pertama, buka browser di laptop Anda dan kunjungi situs web Instagram di www.instagram.com. Setelah itu, masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

Langkah 2: Klik Ikon Kamera

Setelah Anda masuk ke akun Instagram Anda, Anda akan melihat ikon kamera di sebelah kiri atas layar. Klik ikon tersebut untuk membuat story baru.

Langkah 3: Pilih Foto atau Video

Setelah mengklik ikon kamera, Anda dapat memilih foto atau video yang ingin Anda unggah dari perangkat Anda. Instagram Web mendukung berbagai format file, seperti JPEG, PNG, dan MP4.

Langkah 4: Edit Konten

Setelah memilih konten yang ingin Anda bagikan, Anda dapat mengeditnya sebelum mempostingnya sebagai story IG. Instagram Web menyediakan berbagai opsi editing, seperti menambahkan stiker, teks, atau filter pada foto atau video Anda.

Langkah 5: Unggah Story

Setelah Anda puas dengan hasil editing, klik tombol “Unggah” untuk membagikan story Anda. Story IG Anda akan langsung muncul di bagian atas beranda pengikut Anda, dan akan hilang setelah 24 jam.

Dengan menggunakan Instagram Web, Anda dapat dengan mudah membuat dan memposting story IG di laptop Anda. Selain itu, Anda juga dapat melihat story IG pengikut Anda dan berinteraksi dengan mereka melalui fitur ini.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Instagram Web, Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur untuk membuat dan memposting story IG di laptop. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda coba:

1. Bluestacks

Bluestacks adalah emulator Android yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Android di laptop. Anda dapat mengunduh Bluestacks dan mengakses Instagram melalui aplikasi ini untuk membuat story IG di laptop Anda. Dengan Bluestacks, Anda dapat memiliki antarmuka yang mirip dengan versi ponsel Instagram, sehingga memudahkan Anda untuk membuat dan memposting story IG.

2. Ramme

Ramme adalah aplikasi desktop yang dirancang khusus untuk Instagram. Dengan menggunakan Ramme, Anda dapat mengakses Instagram dan membuat story IG langsung dari laptop Anda. Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang intuitif dan fitur yang lengkap untuk memudahkan Anda dalam membuat story IG yang menarik.

3. IG Stories for Instagram

IG Stories for Instagram adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda mengakses story IG melalui laptop. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat story baru, melihat story IG pengikut Anda, dan berinteraksi dengan mereka. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur yang serupa dengan versi ponsel Instagram.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Bluestacks, Ramme, atau IG Stories for Instagram, Anda dapat mengakses dan membuat story IG di laptop dengan mudah. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Memanfaatkan Fitur Scheduling

Salah satu cara lain untuk membuat story IG di laptop adalah dengan memanfaatkan fitur scheduling yang disediakan oleh beberapa aplikasi atau layanan pihak ketiga. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membuat story IG di laptop dan mengatur waktu unggahan story tersebut. Beberapa aplikasi yang menyediakan fitur ini antara lain Later, Hootsuite, dan Buffer.

1. Later

Later adalah salah satu aplikasi yang populer untuk mengatur unggahan story IG. Dengan menggunakan Later, Anda dapat membuat story IG di laptop dan mengatur waktu unggahannya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur tambahan, seperti analitik performa story dan regramming story dari pengguna lain.

2. Hootsuite

Hootsuite adalah platform manajemen media sosial yang menyediakan fitur scheduling untuk story IG. Dengan Hootsuite, Anda dapat membuat story IG di laptop dan mengatur waktu unggahannya. Selain itu, Hootsuite juga memungkinkan Anda untuk mengelola akun media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter.

3. Buffer

Buffer adalah aplikasi manajemen media sosial yang juga menyediakan fitur scheduling untuk story IG. Dengan Buffer, Anda dapat membuat story IG di laptop dan mengatur waktu unggahannya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur lain, seperti analitik performa postingan dan kolaborasi tim.

Dengan memanfaatkan fitur scheduling yang disediakan oleh aplikasi seperti Later, Hootsuite, atau Buffer, Anda dapat membuat story IG di laptop dan mengatur waktu unggahannya dengan lebih efisien. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin tetap konsisten dalam memposting story IG tanpa harus melakukannya secara realtime.

Menggunakan Emulator Android

Jika Anda ingin mengakses Instagram di laptop dengan antarmuka yang mirip dengan versi ponsel, Anda dapat menggunakan emulator Android seperti BlueStacks atau NoxPlayer. Emulator ini memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi Instagram di laptop dengan tampilan dan fitur yang serupa dengan versi ponsel.

1. BlueStacks

BlueStacks adalah salah satu emulator Android yang paling populer dan mudah digunakan. Anda dapat mengunduh BlueStacks dari situs resminya dan menginstalnya di laptop Anda. Setelah itu, buka BlueStacks dan cari dan instal aplikasi Instagram. Setelah menginstal Instagram, Anda dapat membukanya dan membuat story IG di laptop dengan tampilan yang mirip dengan versi ponsel.

2. NoxPlayer

NoxPlayer adalah emulator Android lain yang dapat Anda gunakan untuk mengakses Instagram di laptop. Anda dapat mengunduh NoxPlayer dari situs resminya dan menginstalnya di laptop Anda. Setelah menginstal NoxPlayer, buka aplikasinya dan cari dan instal aplikasi Instagram. Setelah menginstal Instagram, Anda dapat membukanya dan membuat story IG di laptop dengan antarmuka yang mirip dengan versi ponsel.

Dengan menggunakan emulator Android seperti BlueStacks atau NoxPlayer, Anda dapat menjalankan aplikasi Instagram di laptop dengan tampilan dan fitur yang mirip dengan versi ponsel. Ini sangat berguna jika Anda lebih nyaman dengan antarmuka Instagram versi ponsel atau jika Anda ingin mengakses semua fitur Instagram di laptop Anda.

Menggunakan Fitur Developer Tools

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih lanjut, Anda juga dapat menggunakan fitur Developer Tools di browser untuk membuat story IG di laptop. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan Instagram di browser menjadi tampilan versi ponsel, sehingga memungkinkan Anda untuk membuat dan memposting story IG seperti biasa.

1. Buka Instagram di Browser

Pertama, buka Instagram di browser yang Anda gunakan dan masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

2. Aktifkan Developer Tools

Setelah masuk ke akun Instagram Anda, klik kanan di halaman dan pilih opsi “Inspect” atau “Inspect Element”. Ini akan membuka jendela Developer Tools yang menampilkan kode HTML dan CSS halaman web.

3.Tampilan Versi Ponsel

Di jendela Developer Tools, Anda akan melihat berbagai opsi dan panel. Cari ikon yang terlihat seperti ponsel atau tablet di pojok kiri atas jendela dan klik untuk mengaktifkan tampilan versi ponsel.

4. Refresh Halaman

Setelah mengaktifkan tampilan versi ponsel, refresh halaman Instagram dengan mengklik tombol Refresh di browser atau menggunakan tombol F5 pada keyboard. Halaman akan dimuat kembali dengan tampilan yang mirip dengan versi ponsel Instagram.

5. Buat dan Posting Story IG

Setelah halaman dimuat kembali dalam tampilan versi ponsel, Anda dapat membuat dan memposting story IG seperti biasa. Klik ikon kamera di bagian atas layar untuk membuat story baru, pilih foto atau video yang ingin Anda unggah, tambahkan stiker, teks, atau filter, dan klik tombol “Unggah” untuk membagikan story Anda.

Dengan menggunakan fitur Developer Tools di browser, Anda dapat mengubah tampilan Instagram menjadi tampilan versi ponsel dan membuat story IG di laptop dengan lebih mudah. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang lebih nyaman dengan antarmuka Instagram versi ponsel atau bagi mereka yang ingin mengakses semua fitur Instagram di laptop.

Menggunakan Aplikasi Story Creator

Jika Anda mencari cara yang lebih sederhana untuk membuat story IG di laptop, Anda dapat menggunakan aplikasi story creator seperti Canva atau Adobe Spark. Aplikasi ini menyediakan berbagai template dan fitur desain yang memudahkan Anda untuk membuat story IG yang menarik dengan mudah.

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang populer dan mudah digunakan. Anda dapat mengakses Canva melalui browser di laptop atau mengunduh aplikasinya. Setelah masuk ke Canva, pilih template story IG yang sesuai dengan preferensi Anda, tambahkan foto, teks, dan elemen desain lainnya, dan sesuaikan tampilan story sesuai keinginan Anda. Setelah selesai, unduh story IG yang telah Anda buat dan unggah ke Instagram melalui laptop.

2. Adobe Spark

Adobe Spark adalah aplikasi desain yang dikembangkan oleh Adobe. Anda dapat mengakses Adobe Spark melalui browser di laptop atau mengunduh aplikasinya. Setelah masuk ke Adobe Spark, pilih tipe proyek “Story” dan pilih template yang Anda inginkan. Sesuaikan tampilan story dengan menambahkan foto, teks, dan elemen desain lainnya. Setelah selesai, unduh story IG yang telah Anda buat dan unggah ke Instagram melalui laptop.

Dengan menggunakan aplikasi story creator seperti Canva atau Adobe Spark, Anda dapat dengan mudah membuat story IG yang menarik dan profesional di laptop Anda. Aplikasi ini menyediakan berbagai template dan fitur desain yang memudahkan Anda dalam membuat story IG yang sesuai dengan gaya dan merek personal Anda.

Menggunakan Aplikasi Instagram Lite

Instagram Lite adalah versi ringan dari aplikasi Instagram yang dirancang khusus untuk perangkat dengan spesifikasi rendah atau koneksi internet yang lambat. Dengan menggunakan Instagram Lite, Anda dapat mengakses Instagram dan membuat story IG di laptop dengan lebih ringan dan cepat.

1. Unduh Instagram Lite

Pertama, unduh aplikasi Instagram Lite dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store. Pastikan perangkat Anda mendukung instalasi dan penggunaan Instagram Lite.

2. Instal dan Buka Aplikasi

Setelah selesai mengunduh, instal Instagram Lite di laptop Anda. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Instagram Lite dan masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

3. Buat dan Posting Story IG

Setelah masuk ke akun Instagram Anda, klik ikon kamera di bagian atas layar untuk membuat story IG baru. Pilih foto atau video yang ingin Anda unggah, tambahkan stiker, teks, atau filter, dan klik tombol “Unggah” untuk membagikan story Anda.

Dengan menggunakan Instagram Lite, Anda dapat mengakses dan membuat story IG di laptop dengan lebih ringan dan cepat, bahkan jika Anda menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah atau koneksi internet yang lambat.

Menggunakan Aplikasi Instagram di Windows 10

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 10, Anda dapat mengunduh aplikasi Instagram resmi dari Microsoft Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuat dan memposting story IG langsung dari laptop Anda dengan antarmuka yang mudah digunakan.

1. Unduh Aplikasi Instagram dari Microsoft Store

Pertama, buka Microsoft Store di laptop Anda dan cari aplikasi Instagram menggunakan kotak pencarian. Setelah menemukannya, klik tombol “Dapatkan” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Instagram di laptop Anda.

2. Buka Aplikasi Instagram

Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Instagram dari menu Start atau klik ikon Instagram di desktop Anda. Masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

3. Buat dan Posting Story IG

Setelah masuk ke akun Instagram Anda, klik ikon kamera di bagian atas layar untuk membuat story IG baru. Pilih foto atau video yang ingin Anda unggah, tambahkan stiker, teks, atau filter, dan klik tombol “Unggah” untuk membagikan story Anda.

Dengan menggunakan aplikasi Instagram resmi di Windows 10, Anda dapat dengan mudah membuat dan memposting story IG langsung dari laptop Anda. Aplikasi ini menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan fitur yang serupa dengan versi ponsel Instagram.

Menggunakan Aplikasi Bluestacks

Bluestacks, selain sebagai emulator Android, juga menyediakan fitur untuk mengakses Instagram langsung dari laptop. Anda dapat mengunduh Bluestacks dan mengakses Instagram melalui aplikasi ini untuk membuat story IG di laptop dengan mudah.

1. Unduh dan Instal Bluestacks

Pertama, buka situs web resmi Bluestacks dan unduh installer Bluestacks. Setelah selesai mengunduh, jalankan installer tersebut dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar. Setelah selesai menginstal, buka Bluestacks di laptop Anda.

2. Buat dan Masuk ke Akun Google

Setelah membuka Bluestacks, Anda akan diminta untuk membuat atau masuk ke akun Google. Jika Anda sudah memiliki akun Google, masukkan detail login Anda. Jika belum, ikuti langkah-langkah untuk membuat akun Google baru.

3. Cari dan Instal Instagram

Setelah masuk ke akun Google, cari aplikasi Instagram di Play Store yang ada di Bluestacks. Setelah menemukannya, klik tombol “Instal” untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Instagram di Bluestacks.

4. Buka Aplikasi Instagram

Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Instagram di Bluestacks. Masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi.

5. Buat dan Posting Story IG

Setelah masuk ke akun Instagram Anda, klik ikon kamera di bagian atas layar untuk membuat story IG baru. Pilih foto atau video yang ingin Anda unggah, tambahkan stiker, teks, atau filter, dan klik tombol “Unggah” untuk membagikan story Anda.

Dengan menggunakan Bluestacks, Anda dapat mengakses dan membuat story IG di laptop dengan antarmuka yang mirip dengan versi ponsel Instagram. Emulator ini memungkinkan Anda menjalankan aplikasi Android di laptop dengan mudah dan efisien.

Menggunakan Aplikasi Web Instagram Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi web Instagram pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan membuat story IG di laptop. Beberapa aplikasi populer yang bisa Anda coba antara lain Flume, Windowed, dan InstaPic.

1. Flume

Flume adalah salah satu aplikasi web Instagram pihak ketiga yang populer. Anda dapat mengakses Flume melalui browser di laptop Anda. Setelah masuk ke akun Instagram Anda, Anda dapat dengan mudah membuat dan memposting story IG di laptop menggunakan antarmuka yang mirip dengan versi ponsel Instagram.

2. Windowed

Windowed adalah aplikasi web Instagram lainnya yang menyediakan tampilan versi ponsel Instagram di laptop. Anda dapat mengakses Windowed melalui browser di laptop dan masuk ke akun Instagram Anda. Setelah itu, Anda dapat membuat dan memposting story IG dengan mudah melalui antarmuka yang familiar.

3. InstaPic

InstaPic adalah aplikasi web Instagram pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan membuat story IG di laptop. Anda dapat mengakses InstaPic melalui browser di laptop dan masuk ke akun Instagram Anda. Dengan InstaPic, Anda dapat membuat story IG dengan mudah dan mengatur tampilan story sesuai keinginan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi web Instagram pihak ketiga seperti Flume, Windowed, atau InstaPic, Anda dapat mengakses dan membuat story IG di laptop dengan antarmuka yang mirip dengan versi ponsel Instagram. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur yang serupa dengan Instagram versi ponsel, sehingga memudahkan Anda dalam membuat dan memposting story IG.

Keuntungan Membuat Story IG di Laptop

Membuat story IG di laptop memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan menggunakan versi ponsel Instagram. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan:

1. Layar Lebih Besar

Dengan menggunakan laptop, Anda dapat melihat tampilan story IG dengan lebih jelas dan detail karena layar laptop yang lebih besar. Ini memungkinkan Anda untuk mengedit konten dengan lebih akurat dan memastikan bahwa story IG Anda terlihat menarik dan profesional.

2. Penggunaan Keyboard dan Mouse

Dengan menggunakan laptop, Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse untuk membuat dan memposting story IG. Ini memudahkan Anda dalam menulis teks, menambahkan stiker, atau melakukan editing pada konten story IG Anda. Penggunaan keyboard dan mouse juga memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih cepat dan efisien.

3. Akses Mudah ke File Konten

Salah satu keuntungan utama menggunakan laptop adalah akses yang mudah ke file konten, seperti foto dan video. Anda dapat dengan cepat mengimpor konten dari folder di laptop Anda ke aplikasi Instagram di laptop. Ini memudahkan Anda dalam memilih konten yang ingin Anda unggah ke story IG Anda.

4. Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga

Dengan menggunakan laptop, Anda dapat mengakses berbagai aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur-fitur tambahan untuk membuat story IG. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam mengedit konten, menambahkan efek kreatif, atau mengatur jadwal unggahan story IG Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat story IG yang lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

Dengan semua keuntungan ini, membuat story IG di laptop dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan fitur ini dan membantu Anda untuk menciptakan konten yang lebih menarik dan profesional.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara membuat story IG di laptop. Anda dapat menggunakan Instagram Web, aplikasi pihak ketiga, fitur scheduling, emulator Android, fitur Developer Tools, aplikasi story creator, Instagram Lite, aplikasi Instagram di Windows 10, Bluestacks, atau aplikasi web Instagram pihak ketiga untuk membuat story IG di laptop.

Membuat story IG di laptop memiliki banyak keuntungan, seperti layar yang lebih besar, penggunaan keyboard dan mouse, akses mudah ke file konten, dan penggunaan aplikasi pihak ketiga. Dengan menggunakan laptop, Anda dapat dengan mudah membuat dan memposting story IG yang menarik, profesional, dan berbeda dari yang lain.

Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan dan kebijakan Instagram saat membuat dan memposting story IG. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam membuat story IG di laptop!

Related video of Cara Membuat Story IG di Laptop: Panduan Lengkap dan Terperinci

Leave a Comment