Cara Menycreenshot di Laptop dengan Mudah dan Praktis

Menycreenshot atau mengambil tangkapan layar di laptop adalah salah satu hal yang sering dilakukan untuk berbagai keperluan, baik itu untuk mengabadikan momen, berbagi informasi, atau melakukan troubleshooting. Namun, tidak semua orang familiar dengan cara-cara untuk melakukan screenshot di laptop. Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara men-screenshot di laptop dengan mudah dan praktis.

Sebelum kita mulai, penting untuk memahami bahwa cara melakukan screenshot dapat sedikit berbeda tergantung pada sistem operasi yang digunakan pada laptop Anda. Artikel ini akan mencakup beberapa metode yang umum digunakan di berbagai sistem operasi, termasuk Windows, macOS, dan Linux. Jadi, Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Cara Menycreenshot di Laptop dengan Menggunakan Tombol Keyboard

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan tombol keyboard. Ini adalah metode yang paling umum dan mudah digunakan untuk menycreenshot di laptop. Dalam bagian ini, kita akan menjelaskan langkah-langkahnya dan juga memberikan tips tambahan untuk meningkatkan produktivitas dalam melakukan screenshot.

1. Menycreenshot Layar Penuh

Untuk menycreenshot seluruh layar di laptop, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol PrtSc atau Print Screen. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard, dekat dengan tombol F12. Setelah menekan tombol tersebut, tangkapan layar akan disimpan di clipboard. Untuk menyimpannya sebagai gambar, Anda perlu membukalah aplikasi pengedit gambar, seperti Paint atau Photoshop, lalu tekan tombol Ctrl + V untuk melekatkan tangkapan layar dari clipboard ke aplikasi pengedit.

2. Menycreenshot Jendela Aktif

Jika Anda hanya ingin menycreenshot jendela aktif, bukan seluruh layar, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtSc atau Alt + Print Screen. Tangkapan layar jendela aktif akan disimpan di clipboard, dan Anda dapat melekatkannya ke aplikasi pengedit gambar seperti langkah sebelumnya.

3. Menycreenshot Bagian Tertentu di Layar

Jika Anda hanya ingin menycreenshot bagian tertentu di layar, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S. Ini akan memicu fitur “Snipping Tool” di Windows, yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar seleksi, tangkapan layar jendela, atau tangkapan layar layar penuh. Setelah melakukan seleksi, tangkapan layar akan disimpan di clipboard dan Anda dapat melekatkannya ke aplikasi pengedit gambar.

Cara Menycreenshot di Laptop dengan Menggunakan Aplikasi Bawaan

Metode kedua yang akan kita bahas adalah menggunakan aplikasi bawaan yang ada di sistem operasi laptop Anda. Setiap sistem operasi biasanya dilengkapi dengan aplikasi atau utilitas yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Dalam bagian ini, kita akan menjelaskan cara menggunakan aplikasi bawaan pada Windows, macOS, dan Linux.

1. Menggunakan Snipping Tool di Windows

Windows memiliki aplikasi bawaan yang disebut “Snipping Tool” yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan berbagai pilihan seleksi. Anda dapat membuka Snipping Tool dengan mengetikkan “Snipping Tool” di kotak pencarian Windows atau melalui menu Start. Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat memilih jenis seleksi yang diinginkan, melakukan seleksi, dan menyimpan tangkapan layar.

2. Menggunakan Grab di macOS

MacOS memiliki aplikasi bawaan yang disebut “Grab” yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan berbagai pilihan seleksi. Anda dapat membuka Grab melalui folder “Utilities” di dalam folder “Applications”. Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat memilih jenis seleksi yang diinginkan, melakukan seleksi, dan menyimpan tangkapan layar.

3. Menggunakan Aplikasi Screenshot di Linux

Banyak distribusi Linux dilengkapi dengan aplikasi screenshot bawaan, seperti “Screenshot” atau “Spectacle”. Anda dapat mencari aplikasi ini di menu atau melalui utilitas pencarian. Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat memilih jenis seleksi yang diinginkan, melakukan seleksi, dan menyimpan tangkapan layar.

Cara Menycreenshot di Laptop dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda merasa bahwa aplikasi bawaan pada laptop Anda kurang memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang tersedia secara gratis maupun berbayar, dengan berbagai fitur tambahan yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan screenshot. Dalam bagian ini, kita akan merekomendasikan beberapa aplikasi screenshot populer yang dapat Anda gunakan.

1. Greenshot

Greenshot adalah salah satu aplikasi screenshot populer yang tersedia untuk Windows. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur, seperti kemampuan untuk mengambil tangkapan layar dengan pilihan seleksi, menambahkan teks dan panah, serta menyimpan tangkapan layar dalam berbagai format file.

2. Lightshot

Lightshot adalah aplikasi screenshot yang tersedia untuk Windows dan macOS. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah melakukan seleksi tangkapan layar, menambahkan teks dan panah, serta berbagi tangkapan layar melalui tautan langsung atau media sosial.

3. Flameshot

Flameshot adalah aplikasi screenshot open source yang tersedia untuk Linux. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan fitur yang kuat, seperti pilihan seleksi, penandaan gambar, dan kemampuan untuk menyimpan tangkapan layar dalam berbagai format.

Cara Mengedit Screenshot di Laptop

Selain melakukan screenshot, seringkali kita juga perlu mengedit tangkapan layar tersebut sebelum membagikannya. Dalam bagian ini, kita akan membahas beberapa cara sederhana untuk mengedit screenshot Anda, seperti memotong gambar, menambahkan teks, dan menyorot area tertentu.

1. Mengedit dengan Aplikasi Pengedit Gambar

Anda dapat mengedit screenshot menggunakan aplikasi pengedit gambar seperti Paint, Photoshop, atau GIMP. Dalam aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai perubahan, seperti memotong gambar, menambahkan teks dan panah, mengganti warna, atau menyorot area tertentu.

2. Mengedit dengan Aplikasi Screenshot yang Dilengkapi Fitur Pengeditan

Banyak aplikasi screenshot, baik itu bawaan atau pihak ketiga, dilengkapi dengan fitur pengeditan yang memungkinkan Anda untuk melakukan perubahan sederhana pada tangkapan layar. Misalnya, Anda dapat menambahkan teks, menyorot area tertentu, atau menambahkan panah.

Cara Menyimpan Screenshot di Laptop

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot, langkah selanjutnya adalah menyimpannya. Dalam bagian ini, kita akan menjelaskan cara menyimpan tangkapan layar di berbagai format file, seperti JPEG, PNG, atau GIF. Kami juga akan memberikan tips tentang cara mengatur direktori penyimpanan default untuk screenshot Anda.

1. Menyimpan dalam Format JPEG

Format JPEG adalah format yang umum digunakan untuk menyimpan gambar dengan kualitas yang baik dan ukuran file yang relatif kecil. Untuk menyimpan tangkapan layar dalam format JPEG, Anda dapat memilih opsi “Save As” atau “Save Image As” pada aplikasi pengedit gambar yang Anda gunakan, lalu pilih format JPEG.

2. Menyimpan dalam Format PNG

Format PNG adalah format yang umum digunakan untuk menyimpan gambar dengan kualitas yang tinggi dan dukungan transparansi. Untuk menyimpan tangkapan layardalam format PNG, Anda dapat mengikuti langkah yang sama seperti menyimpan dalam format JPEG, namun pilih format PNG saat menyimpan gambar.

3. Menyimpan dalam Format GIF

Format GIF adalah format yang sering digunakan untuk menyimpan gambar bergerak atau animasi. Jika Anda ingin menyimpan tangkapan layar sebagai gambar bergerak, Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit gambar atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung format GIF. Setelah mengedit tangkapan layar sesuai keinginan, pilih opsi “Save As” atau “Save Image As” dan pilih format GIF.

4. Mengatur Direktori Penyimpanan Default

Jika Anda sering melakukan screenshot dan ingin mengatur direktori penyimpanan default agar lebih mudah dalam mengakses gambar-gambar tersebut, Anda dapat mengubah pengaturan di aplikasi pengedit gambar atau aplikasi screenshot yang Anda gunakan. Biasanya, terdapat opsi “Preferences” atau “Settings” di menu aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengatur direktori penyimpanan default.

Cara Menycreenshot Bagian Tertentu di Laptop

Terkadang, kita hanya perlu menycreenshot bagian tertentu dari layar, bukan seluruh layar. Dalam bagian ini, kita akan memberikan panduan tentang cara menycreenshot bagian tertentu di laptop menggunakan berbagai metode, seperti mengatur jendela aplikasi, menggunakan aplikasi pihak ketiga, atau menggunakan fitur bawaan pada sistem operasi.

1. Menycreenshot Bagian Jendela Aktif

Jika Anda hanya ingin menycreenshot bagian jendela aktif tanpa menampilkan elemen lain di layar, Anda dapat menggunakan metode “Alt + PrtSc” atau “Alt + Print Screen” seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat memotong gambar menggunakan aplikasi pengedit gambar atau aplikasi screenshot yang mendukung fitur ini.

2. Menycreenshot dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak kontrol dan fleksibilitas dalam menycreenshot bagian tertentu di laptop, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snagit, Greenshot, atau Lightshot. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur seleksi yang lebih canggih, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan bagian mana yang ingin Anda screenshot.

3. Menycreenshot Menggunakan Fitur Bawaan pada Sistem Operasi

Sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux juga memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menycreenshot bagian tertentu di layar. Misalnya, Windows memiliki fitur “Snipping Tool” atau “Snip & Sketch”, macOS memiliki fitur “Grab”, dan Linux memiliki utilitas seperti “Screenshot” atau “Spectacle”. Anda dapat menggunakan fitur-fitur ini untuk dengan mudah melakukan seleksi dan menycreenshot bagian tertentu di laptop.

Cara Menycreenshot di Laptop dengan Dual Monitor

Jika Anda menggunakan dual monitor pada laptop Anda, proses menycreenshot bisa sedikit berbeda. Dalam bagian ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah untuk menycreenshot di laptop dengan dual monitor, baik itu dengan menggunakan tombol keyboard maupun aplikasi bawaan.

1. Menycreenshot dengan Tombol Keyboard

Jika Anda ingin menycreenshot seluruh layar dual monitor, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Win + Shift + PrtSc” atau “Win + Shift + Print Screen”. Tangkapan layar akan disimpan di clipboard dan Anda dapat melekatkannya ke aplikasi pengedit gambar seperti biasa. Jika Anda hanya ingin menycreenshot jendela aktif pada salah satu monitor, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Alt + PrtSc” atau “Alt + Print Screen”, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

2. Menycreenshot dengan Aplikasi Bawaan

Jika Anda menggunakan aplikasi bawaan seperti “Snipping Tool” di Windows atau “Grab” di macOS, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan melakukan seleksi pada layar yang ingin Anda screenshot. Setelah seleksi selesai, Anda dapat menyimpan tangkapan layar seperti biasa.

Cara Menycreenshot di Laptop dengan Touchscreen

Jika laptop Anda dilengkapi dengan fitur touchscreen, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menycreenshot. Dalam bagian ini, kita akan menjelaskan langkah-langkah untuk menycreenshot di laptop dengan touchscreen, baik itu dengan menggesek layar atau menggunakan kombinasi tombol pada keyboard.

1. Menycreenshot dengan Menggesek Layar

Jika laptop Anda mendukung fitur touchscreen yang mendukung gestur, Anda dapat menggunakan gestur untuk menycreenshot. Misalnya, di Windows 10, Anda dapat menggesek tiga jari dari atas ke bawah pada layar untuk menycreenshot seluruh layar. Tangkapan layar akan disimpan di folder “Pictures” dengan nama “Screenshots”. Anda juga dapat menggesek dua jari pada layar untuk menycreenshot jendela aktif.

2. Menycreenshot dengan Kombinasi Tombol pada Keyboard

Jika laptop Anda memiliki fitur touchscreen namun Anda lebih nyaman menggunakan tombol pada keyboard, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk melakukan screenshot. Misalnya, Anda dapat menggunakan kombinasi “PrtSc” atau “Print Screen” untuk menycreenshot layar penuh, “Alt + PrtSc” atau “Alt + Print Screen” untuk menycreenshot jendela aktif, atau “Windows + Shift + S” untuk menycreenshot bagian tertentu di layar.

Cara Menycreenshot di Laptop dengan Chrome Extension

Jika Anda sering menggunakan browser Google Chrome, Anda dapat memanfaatkan ekstensi atau extension yang tersedia untuk melakukan screenshot. Dalam bagian ini, kita akan merekomendasikan beberapa ekstensi populer yang dapat membantu Anda dalam melakukan screenshot di laptop.

1. Awesome Screenshot

Awesome Screenshot adalah ekstensi Chrome yang memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan berbagai pilihan seleksi, menambahkan teks dan panah, serta melakukan highlight pada area tertentu. Anda juga dapat menyimpan tangkapan layar dalam format JPEG atau PNG, atau mengunggahnya langsung ke cloud.

2. Nimbus Screenshot & Screen Video Recorder

Nimbus Screenshot & Screen Video Recorder adalah ekstensi Chrome yang tidak hanya memungkinkan Anda untuk melakukan screenshot, tetapi juga merekam video layar. Anda dapat melakukan seleksi, menambahkan teks dan panah, serta menyimpan tangkapan layar dalam berbagai format.

3. Lightshot

Lightshot, yang juga telah disebutkan sebelumnya sebagai aplikasi pihak ketiga, juga tersedia sebagai ekstensi Chrome. Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah melakukan seleksi pada layar, menambahkan teks dan panah, serta berbagi tangkapan layar melalui tautan langsung atau media sosial.

Tips dan Trik untuk Mengoptimalkan Proses Menycreenshot

Terakhir, dalam bagian ini, kita akan memberikan beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda mengoptimalkan proses menycreenshot di laptop. Tips ini meliputi pengaturan tombol shortcut, pengaturan kualitas gambar, dan pengaturan waktu penundaan.

1. Mengatur Tombol Shortcut

Anda dapat mengatur tombol shortcut untuk melakukan screenshot di laptop agar lebih cepat dan efisien. Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenshot atau Lightshot yang memungkinkan Anda untuk mengatur kombinasi tombol kustom untuk melakukan screenshot. Dengan mengatur tombol shortcut yang mudah dijangkau, Anda dapat dengan cepat melakukan screenshot tanpa harus mencari tombol di keyboard.

2. Mengatur Kualitas Gambar

Jika Anda ingin mengoptimalkan kualitas gambar hasil screenshot, Anda dapat mengatur kualitas gambar sebelum menyimpannya. Beberapa aplikasi pengedit gambar atau aplikasi screenshot memungkinkan Anda untuk mengatur kualitas gambar, seperti tingkat kompresi atau resolusi. Dengan mengatur kualitas gambar sesuai kebutuhan, Anda dapat menghasilkan gambar yang lebih jelas dan detail.

3. Mengatur Waktu Penundaan

Jika Anda perlu melakukan screenshot yang melibatkan aksi atau perubahan yang cepat di layar, Anda dapat mengatur waktu penundaan sebelum screenshot diambil. Beberapa aplikasi screenshot memiliki opsi untuk mengatur penundaan selama beberapa detik setelah tombol screenshot ditekan. Dengan mengatur waktu penundaan yang tepat, Anda memiliki waktu untuk mengatur tampilan layar sesuai keinginan sebelum tangkapan layar diambil.

4. Menggunakan Fitur Otomatisasi

Jika Anda sering melakukan screenshot dengan pola atau tampilan yang sama, Anda dapat menggunakan fitur otomatisasi untuk mempercepat proses tersebut. Beberapa aplikasi screenshot atau ekstensi Chrome memungkinkan Anda untuk membuat aturan atau skrip yang mengotomatisasi tindakan screenshot. Misalnya, Anda dapat mengatur ekstensi untuk secara otomatis melakukan screenshot setiap kali Anda membuka halaman web tertentu.

5. Mengeksplorasi Fitur Tambahan

Setiap aplikasi screenshot atau ekstensi memiliki fitur tambahan yang mungkin berguna dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil screenshot Anda. Misalnya, beberapa aplikasi mungkin memiliki opsi untuk menambahkan watermark pada gambar, mengekspor tangkapan layar ke berbagai format, atau mengatur lokasi penyimpanan default. Mengeksplorasi fitur-fitur tambahan ini dapat membantu Anda dalam melakukan screenshot dengan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda akan dapat dengan mudah dan praktis menycreenshot di laptop Anda, tanpa harus mencari tahu sendiri atau mencoba-coba metode yang mungkin tidak efektif. Jadi, ayo mulai men-screenshot dengan percaya diri dan tingkatkan produktivitas Anda!

Related video of Cara Menycreenshot di Laptop dengan Mudah dan Praktis

Leave a Comment