Cara Mengambil Screenshot di Laptop: Panduan Lengkap dan Praktis

Apakah Anda pernah ingin mengambil tangkapan layar di laptop Anda tetapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengambil screenshot di laptop secara lengkap dan praktis. Mulai dari metode dasar hingga trik yang lebih canggih, semuanya akan dijelaskan secara rinci agar Anda bisa dengan mudah mengambil screenshot sesuai kebutuhan Anda.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas apa itu screenshot. Screenshot adalah proses mengambil gambar dari tampilan layar laptop Anda. Ini sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti saat Anda ingin berbagi tampilan layar dengan orang lain, mengabadikan momen penting dari suatu situs web, atau menyimpan pesan kesalahan yang muncul di layar Anda. Dengan menguasai cara mengambil screenshot di laptop, Anda akan dapat menghemat waktu dan mengatasi berbagai masalah sehari-hari dengan lebih efisien.

Menggunakan Tombol Print Screen

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan tombol Print Screen di keyboard laptop Anda. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen (biasanya terletak di sebelah kanan tombol F12) untuk mengambil screenshot seluruh tampilan layar. Setelah itu, Anda dapat menyimpan screenshot tersebut ke dalam file gambar atau mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot hanya pada jendela aktif. Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, Anda akan mengambil screenshot jendela yang sedang Anda gunakan saat ini. Metode ini sangat berguna jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari satu program atau jendela tanpa harus menyertakan seluruh tampilan layar. Setelah mengambil screenshot, Anda dapat menyimpannya atau mengeditnya seperti yang Anda inginkan.

Summary: Metode pertama adalah dengan menggunakan tombol Print Screen di keyboard laptop untuk mengambil screenshot tampilan layar secara keseluruhan. Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot hanya pada jendela aktif.

Mengambil Screenshot Sebagian Layar

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot sebagian layar, misalnya satu jendela program atau bagian tertentu dari halaman web, ada beberapa metode yang bisa Anda coba. Salah satu metode yang paling umum adalah menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen. Dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan, Anda akan mengambil screenshot hanya pada jendela aktif. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Snipping Tool, untuk mengambil screenshot sebagian layar dengan lebih fleksibel.

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk memilih area tertentu di layar dan mengambil screenshotnya. Anda dapat membuka Snipping Tool melalui menu Start atau dengan mengetik “Snipping Tool” di kotak pencarian. Setelah Snipping Tool terbuka, Anda dapat memilih jenis screenshot yang ingin Anda ambil, seperti screenshot persegi panjang, pemotongan bebas, atau layar penuh. Setelah memilih area yang ingin Anda tangkap, Anda dapat menyimpan screenshot tersebut ke dalam file gambar atau mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Summary: Metode kedua adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen atau aplikasi pihak ketiga seperti Snipping Tool untuk mengambil screenshot sebagian layar.

Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot sebagian layar dengan lebih fleksibel. Anda dapat memilih area yang ingin Anda tangkap dengan mudah dan menyimpannya langsung ke dalam file gambar. Snipping Tool juga memiliki fitur tambahan, seperti anotasi dan highlighting, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan catatan atau menyoroti bagian penting pada screenshot Anda.

Untuk menggunakan Snipping Tool, Anda dapat membuka aplikasi tersebut melalui menu Start atau dengan mengetik “Snipping Tool” di kotak pencarian. Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat memilih jenis screenshot yang ingin Anda ambil, seperti screenshot persegi panjang, pemotongan bebas, pemotongan bentuk, atau layar penuh. Setelah memilih jenis screenshot, Anda dapat menandai area yang ingin Anda tangkap dengan menggunakan kursor mouse. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan screenshot tersebut ke dalam file gambar atau mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Summary: Metode ketiga adalah menggunakan Snipping Tool, aplikasi bawaan Windows, untuk mengambil screenshot sebagian layar dengan fleksibilitas tambahan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengambil screenshot dengan lebih banyak fitur dan fleksibilitas, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi screenshot yang tersedia secara gratis atau berbayar di internet. Beberapa di antaranya memiliki fitur tambahan, seperti perekam video layar, pengeditan gambar, dan berbagi langsung ke platform sosial media. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Salah satu aplikasi screenshot yang populer adalah Lightshot. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot sebagian layar dengan mudah dan mengeditnya langsung di dalam aplikasi. Anda dapat menandai area yang ingin Anda tangkap, menambahkan teks atau panah, serta menyimpan atau membagikan screenshot tersebut dengan cepat. Lightshot juga memiliki fitur untuk mengunggah screenshot ke server mereka, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi screenshot dengan orang lain melalui tautan yang diberikan.

Summary: Metode keempat adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur dan fleksibilitas lebih dalam mengambil screenshot di laptop Anda.

Mengambil Screenshot dengan Keyboard Shortcuts

Keyboard shortcuts adalah kombinasi tombol di keyboard yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot dengan cepat. Setiap sistem operasi memiliki keyboard shortcuts yang berbeda. Misalnya, pada Windows, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk mengambil screenshot sebagian layar dengan menggunakan Snip & Sketch. Sementara itu, pada Mac, Anda bisa menggunakan Command + Shift + 4 untuk mengambil screenshot sebagian layar dan menyimpannya ke desktop.

Pada Windows, Anda juga dapat menggunakan tombol Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot seluruh tampilan layar dan secara otomatis menyimpannya ke dalam folder Screenshots di library Gambar Anda. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain seperti Linux, Anda juga dapat mencari keyboard shortcuts yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Summary: Metode kelima adalah dengan menggunakan keyboard shortcuts yang disediakan oleh sistem operasi laptop Anda untuk mengambil screenshot dengan cepat.

Mengambil Screenshot dengan Aplikasi Penangkap Layar

Aplikasi penangkap layar adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mengambil screenshot. Beberapa aplikasi penangkap layar memiliki fitur tambahan, seperti penjadwalan pengambilan screenshot, pengeditan gambar, dan penyimpanan cloud. Anda dapat mencari aplikasi penangkap layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menginstalnya di laptop Anda. Setelah itu, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot sesuai keinginan Anda.

Salah satu aplikasi penangkap layar yang populer adalah Greenshot. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana namun kuat, dengan banyak fitur yang dapat membantu Anda mengambil screenshot dengan mudah. Anda dapat memilih area yang ingin Anda tangkap, menambahkan anotasi atau watermark, serta menyimpan atau membagikan screenshot tersebut. Greenshot juga mendukung penjadwalan pengambilan screenshot, sehingga Anda dapat mengatur waktu pengambilan screenshot sesuai kebutuhan Anda.

Summary: Metode keenam adalah dengan menggunakan aplikasi penangkap layar yang memiliki fitur tambahan dan kemudahan penggunaan dalam mengambil screenshot di laptop.

Mengambil Screenshot dengan Ekstensi Browser

Jika Anda sering mengambil screenshot dari halaman web, Anda dapat menggunakan ekstensi browser untuk mempermudah proses tersebut. Ada banyak ekstensi browser yang tersedia, seperti Fireshot, Lightshot, dan Awesome Screenshot. Dengan menginstal ekstensi tersebut, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dari halaman web dan mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Fireshot

Fireshot adalah salah satu ekstensi browser yang populer untuk mengambil screenshot. Ekstensi ini kompatibel dengan berbagai browser seperti Chrome, Firefox, dan Opera. Setelah menginstal Fireshot, Anda akan memiliki berbagai opsi untuk mengambil screenshot, seperti tangkapan layar penuh, tangkapan layar sebagian, atau tangkapan layar panjang pada halaman web yang panjang. Anda juga dapat mengedit screenshot, menambahkan anotasi, dan menyimpannya dalam berbagai format gambar.

Lightshot

Lightshot adalah ekstensi browser lain yang mudah digunakan untuk mengambil screenshot. Ekstensi ini tersedia untuk Chrome, Firefox, dan Opera. Setelah menginstal Lightshot, Anda dapat dengan cepat mengambil screenshot sebagian layar dengan menandai area yang ingin Anda tangkap. Anda juga dapat melakukan pengeditan sederhana pada screenshot, seperti menambahkan teks atau panah, sebelum menyimpannya ke komputer Anda atau membagikannya melalui tautan.

Awesome Screenshot

Ekstensi Awesome Screenshot juga sangat berguna dalam mengambil screenshot di dalam browser. Ekstensi ini tersedia untuk Chrome dan Firefox. Dengan menggunakan Awesome Screenshot, Anda dapat mengambil screenshot tampilan layar penuh, tangkapan layar sebagian, atau tangkapan layar panjang pada halaman web yang panjang. Anda juga dapat mengedit screenshot dengan menambahkan teks, bentuk, atau garis, serta menyimpannya dalam format gambar atau membagikannya dengan orang lain.

Summary: Metode ketujuh adalah dengan menggunakan ekstensi browser yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dari halaman web dan melakukan pengeditan.

Mengambil Screenshot dengan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda ingin mengambil screenshot dalam bentuk video atau merekam aktivitas layar Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi perekam layar. Beberapa aplikasi perekam layar juga menyediakan fitur untuk mengambil screenshot secara langsung. Anda dapat mencari aplikasi perekam layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menginstalnya di laptop Anda. Setelah itu, Anda dapat mengambil screenshot atau merekam layar sesuai keinginan Anda.

Bandicam

Bandicam adalah salah satu aplikasi perekam layar yang populer dan mudah digunakan. Selain merekam aktivitas layar, Bandicam juga memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan cepat. Anda dapat mengatur area tangkapan, mengatur kualitas gambar, dan menyimpan screenshot dalam format yang Anda inginkan. Bandicam juga menyediakan fitur untuk menambahkan watermark pada screenshot, sehingga Anda dapat melindungi hak cipta gambar Anda.

Camtasia

Camtasia adalah aplikasi perekam layar yang memiliki banyak fitur untuk merekam dan mengedit video. Selain itu, Camtasia juga memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan mudah. Anda dapat mengontrol area tangkapan, mengedit screenshot dengan alat pengeditan yang disediakan, dan menyimpannya dalam berbagai format gambar. Camtasia juga mendukung penambahan anotasi dan efek visual pada screenshot, sehingga Anda dapat membuat presentasi atau tutorial yang lebih menarik.

Snagit

Snagit adalah aplikasi perekam layar dan penangkap layar yang populer. Dengan Snagit, Anda dapat merekam aktivitas layar Anda atau mengambil screenshot dengan mudah. Anda dapat memilih area yang ingin Anda rekam atau tangkap, mengedit screenshot dengan alat pengeditan yang lengkap, dan menyimpannya dalam format gambar yang Anda inginkan. Snagit juga menyediakan fitur untuk membuat GIF animasi dari screenshot Anda, sehingga Anda dapat membuat konten yang lebih interaktif.

Summary: Metode kedelapan adalah dengan menggunakan aplikasi perekam layar yang juga menyediakan fitur untuk mengambil screenshot.

Menggunakan Fitur Game Bar (Hanya untuk Windows 10)

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda dapat menggunakan fitur Game Bar untuk mengambil screenshot saat bermain game atau menggunakan aplikasi layar penuh. Anda dapat membuka Game Bar dengan menekan tombol Windows + G. Dari Game Bar, Anda dapat memilih opsi “Screenshots” untuk mengambil screenshot langsung atau menggunakan tombol Windows + Alt + PrtSc untuk mengambil screenshot dan menyimpannya ke folder Screenshots di library Gambar Anda.

Fitur Game Bar juga memungkinkan Anda merekam video layar saat bermain game atau menggunakan aplikasi layar penuh. Anda dapat memilih opsi “Record” pada Game Bar untuk memulai perekaman dan mengatur pengaturan perekaman sesuai kebutuhan Anda. Setelah selesai merekam, video akan disimpan di folder Captures di library Video Anda.

Summary: Metode kesembilan adalah dengan menggunakan fitur Game Bar di Windows 10 untuk mengambil screenshot saat bermain game atau menggunakan aplikasi layar penuh.

Menggunakan Aplikasi Cloud Storage

Jika Anda ingin mengambil screenshot di laptop Anda dan menyimpannya di cloud storage, Anda dapat menggunakan aplikasi cloud storage seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive. Setelah menginstal aplikasi tersebut dan menghubungkannya dengan akun Anda, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dan menyimpannya langsung di cloud storage. Hal ini memudahkan Anda untuk mengakses screenshot di berbagai perangkat dan membagikannya dengan orang lain.

Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan cloud storage yang populer dan mudah digunakan. Setelah menginstal aplikasi Google Drive di laptop Anda dan menghubungkannya dengan akun Google Anda, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dan menyimpannya langsung di Google Drive. Google Drive juga menyediakan fitur untuk mengatur dan berbagi file dengan pengguna lain, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi screenshot dengan orang lain atau mengaksesnya dari perangkat lain.

Dropbox

Dropbox adalah layanan cloud storage yang juga populer dan mudah digunakan. Setelah menginstal aplikasi Dropbox di laptop Anda dan menghubungkannya dengan akun Dropbox Anda, Anda dapat mengambil screenshot dan menyimpannya langsung di Dropbox. Dropbox juga menyediakan fitur untuk berbagi file dengan pengguna lain, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi screenshot dengan orang lain atau mengaksesnya dari perangkat lain.

OneDrive

OneDrive adalah layanan cloud storage yang disediakan oleh Microsoft. Setelah menginstal aplikasi OneDrive di laptop Anda dan menghubungkannya dengan akun Microsoft Anda, Anda dapat mengambil screenshot dan menyimpannya langsung di OneDrive. OneDrive juga memungkinkan Anda untuk berbagi file dengan pengguna lain atau mengatur izin akses, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi screenshot dengan orang lain atau mengaksesnya dari perangkat lain.

Summary: Metode kesepuluh adalah dengan menggunakan aplikasi cloud storage untuk mengambil screenshot dan menyimpannya secara langsung di cloud storage.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di laptop Anda. Mulai dari metode dasar hingga trik yang lebih canggih, semuanya tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda. Cobalah metode yang sesuai dengan Anda dan temukan cara yang paling efisien untuk mengambil screenshot sesuai kebutuhan Anda. Dengan menguasai cara mengambil screenshot di laptop, Anda akan menjadi lebih produktif dan dapat mengatasi berbagai tugas sehari-hari dengan lebih mudah.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengambil screenshot di laptop. Selamat mencoba!

Related video of Cara Mengambil Screenshot di Laptop: Panduan Lengkap dan Praktis

Leave a Comment