Cara Mudah Menscreenshot di Laptop: Panduan Lengkap

Apakah Anda sering kali perlu menscreenshot tampilan di laptop Anda? Entah itu untuk menangkap momen penting, berbagi informasi dengan orang lain, atau menyimpan gambar atau teks penting. Menscreenshot bisa menjadi keterampilan yang sangat berguna untuk dimiliki. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menscreenshot di laptop dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menscreenshot di laptop Anda, baik menggunakan tombol pada keyboard, aplikasi pihak ketiga, atau alat bawaan sistem operasi. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu, dan kami akan membahasnya secara mendetail di bawah ini.

Menggunakan Tombol Print Screen (PrtScn)

Metode pertama yang akan kami bahas adalah menggunakan tombol Print Screen atau PrtScn pada keyboard. Metode ini adalah cara yang paling umum digunakan dan sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen pada keyboard Anda, biasanya terletak di bagian atas kanan. Setelah Anda menekan tombol tersebut, tangkapan layar akan disimpan di clipboard komputer Anda.

Menggunakan Tombol Print Screen untuk Menscreenshot Seluruh Layar

Jika Anda ingin menscreenshot seluruh layar di laptop Anda, Anda hanya perlu menekan tombol Print Screen sekali. Setelah itu, Anda dapat membuka program pengeditan gambar seperti Paint atau Word, dan menempelkan tangkapan layar yang telah disimpan di clipboard dengan menekan tombol Ctrl + V atau dengan menggunakan opsi “Paste” di menu program tersebut. Setelah itu, Anda dapat menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar sesuai keinginan Anda.

Menggunakan Tombol Print Screen untuk Menscreenshot Layar Aktif

Jika Anda hanya ingin menscreenshot tampilan dari jendela atau aplikasi tertentu di laptop Anda, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtScn. Dengan menekan tombol Alt + PrtScn, hanya jendela yang aktif yang akan ter-screenshot, bukan seluruh layar. Setelah Anda menekan kombinasi tombol tersebut, Anda dapat membuka program pengeditan gambar dan menempelkan tangkapan layar tersebut untuk disimpan atau diedit.

Menscreenshot Layar Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari cara yang lebih canggih dan memiliki lebih banyak opsi untuk menscreenshot di laptop Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi populer untuk menscreenshot adalah Snagit, Lightshot, atau Greenshot. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan mudah dan memberikan fitur tambahan seperti anotasi, pengeditan langsung, dan berbagi ke berbagai platform.

Snagit: Aplikasi Menscreenshot dengan Fitur Lengkap

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang sangat populer untuk menscreenshot adalah Snagit. Snagit memiliki berbagai fitur yang sangat berguna, termasuk kemampuan untuk menscreenshot seluruh layar, jendela aktif, atau hanya bagian tertentu dari layar. Selain itu, Snagit juga memiliki fitur anotasi yang memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, panah, atau bentuk lain ke tangkapan layar Anda. Anda juga dapat mengedit tangkapan layar langsung di dalam aplikasi Snagit sebelum menyimpannya sebagai file gambar.

Lightshot: Aplikasi Menscreenshot dengan Kemampuan Berbagi

Lightshot adalah aplikasi menscreenshot lain yang populer dan mudah digunakan. Salah satu fitur unggulan dari Lightshot adalah kemampuannya untuk langsung berbagi tangkapan layar melalui tautan atau mengunggahnya ke platform berbagi gambar seperti Imgur. Selain itu, Lightshot juga memiliki fitur anotasi sederhana yang memungkinkan Anda untuk menambahkan teks atau garis pada tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Greenshot: Aplikasi Menscreenshot dengan Pilihan Format Gambar

Greenshot adalah aplikasi menscreenshot lain yang banyak digunakan oleh pengguna laptop. Salah satu fitur yang membedakan Greenshot adalah kemampuannya untuk memilih format file gambar yang ingin digunakan saat menyimpan tangkapan layar. Anda dapat memilih antara format PNG, JPG, BMP, atau GIF sesuai kebutuhan Anda. Greenshot juga memiliki fitur anotasi dan pengeditan sederhana yang memungkinkan Anda untuk menambahkan teks, panah, atau garis pada tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Menscreenshot Bagian Tertentu dari Layar

Terkadang Anda hanya ingin menscreenshot bagian tertentu dari layar di laptop Anda, bukan seluruh tampilan. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menscreenshot bagian tertentu dari layar.

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk menscreenshot bagian tertentu dari layar. Dengan menekan kombinasi tombol tersebut, Anda akan masuk ke mode tangkapan layar dan dapat memilih area yang ingin Anda screenshot. Setelah Anda memilih area yang diinginkan, tangkapan layar akan disimpan di clipboard komputer Anda. Anda dapat menempelkan tangkapan layar tersebut ke program pengeditan gambar atau aplikasi lain untuk disimpan atau diedit.

Menggunakan Alat Potong dan Sketsa di Windows 10

Windows 10 juga menyediakan alat bawaan yang disebut “Alat Potong dan Sketsa” yang memungkinkan Anda untuk menscreenshot bagian tertentu dari layar. Anda dapat membuka Alat Potong dan Sketsa dengan mengetikkan “Alat Potong dan Sketsa” di kotak pencarian di menu Start. Setelah Anda membuka alat tersebut, Anda dapat memilih opsi “Potong bentuk yang Anda inginkan” untuk menscreenshot bagian tertentu dari layar. Setelah Anda memilih area yang diinginkan, tangkapan layar akan muncul di jendela Alat Potong dan Sketsa, dan Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar.

Menscreenshot Menggunakan Alat Bawaan Sistem Operasi

Sistem operasi seperti Windows 10 dan macOS memiliki alat bawaan yang memungkinkan Anda untuk menscreenshot dengan mudah. Di Windows 10, Anda dapat menggunakan Alat Potong dan Sketsa, sedangkan di macOS, Anda dapat menggunakan Aplikasi Tangkapan Layar. Berikut ini adalah penjelasan lebih detail tentang cara menggunakan alat bawaan sistem operasi Anda untuk menscreenshot.

Menscreenshot dengan Alat Potong dan Sketsa di Windows 10

Alat Potong dan Sketsa adalah alat bawaan yang disediakan oleh Windows 10 untuk menscreenshot. Anda dapat membuka Alat Potong dan Sketsa dengan mengetikkan “Alat Potong dan Sketsa” di kotak pencarian di menu Start. Setelah Anda membuka alat tersebut, Anda dapat memilih opsi “Potong bentuk yang Anda inginkan” untuk menscreenshot bagian tertentu dari layar. Setelah Anda memilih area yang diinginkan, tangkapan layar akan muncul di jendela Alat Potong dan Sketsa, dan Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar.

Menscreenshot dengan Aplikasi Tangkapan Layar di macOS

Di macOS, Anda dapat menggunakan Aplikasi Tangkapan Layar untuk menscreenshot. Aplikasi ini memiliki beberapa opsi tangkapan layar yang dapat Anda pilih, termasuk tangkapan layar seluruh layar, jendela, atau hanya bagian tertentu. Untuk membuka Aplikasi Tangkapan Layar, Anda dapat menggunakan shortcut keyboard Command + Shift + 5. Setelah Anda membuka aplikasi tersebut, Anda dapat memilih opsi tangkapan layar yang diinginkan dan menentukan area atau jendela yang ingin Anda screenshot. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar.

Menscreenshot dengan Extension Browser

Jika Anda sering melakukan tangkapan layar darihalaman web, Anda dapat menggunakan ekstensi browser seperti Fireshot atau Awesome Screenshot. Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk menscreenshot halaman web lengkap atau hanya bagian tertentu dengan mudah.

Menscreenshot Halaman Web Lengkap dengan Fireshot

Fireshot adalah salah satu ekstensi browser yang populer untuk menscreenshot halaman web lengkap. Setelah Anda menginstal ekstensi ini, Anda dapat mengaksesnya melalui ikon yang muncul di toolbar browser Anda. Ketika Anda ingin menscreenshot halaman web, Anda cukup mengklik ikon Fireshot dan memilih opsi “Capture Entire Page”. Fireshot akan menjalankan proses tangkapan layar dan menampilkan tampilan lengkap halaman web. Anda dapat menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan menggunakan fitur yang disediakan oleh Fireshot.

Menscreenshot Bagian Tertentu Halaman Web dengan Awesome Screenshot

Awesome Screenshot adalah ekstensi browser lain yang berguna untuk menscreenshot halaman web. Setelah Anda menginstal ekstensi ini, Anda dapat mengaksesnya melalui ikon yang muncul di toolbar browser Anda. Ketika Anda ingin menscreenshot bagian tertentu dari halaman web, Anda cukup mengklik ikon Awesome Screenshot dan memilih opsi “Capture Selected Area”. Setelah itu, Anda dapat menentukan area yang ingin Anda screenshot dengan menggeser kursor. Setelah Anda selesai memilih area, tangkapan layar akan ditampilkan di jendela baru. Anda dapat menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan menggunakan fitur yang disediakan oleh Awesome Screenshot.

Menscreenshot dengan Aplikasi Pengeditan Gambar

Jika Anda menggunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Photoshop, GIMP, atau CorelDRAW, Anda juga dapat menscreenshot di dalam aplikasi tersebut. Biasanya terdapat opsi untuk menscreenshot langsung dari aplikasi pengeditan gambar dengan menekan tombol khusus atau menggunakan menu tangkapan layar yang tersedia. Berikut adalah penjelasan tentang cara menscreenshot menggunakan beberapa aplikasi pengeditan gambar populer.

Menscreenshot dengan Photoshop

Jika Anda menggunakan Adobe Photoshop, Anda dapat menggunakan opsi tangkapan layar yang disediakan oleh program ini. Anda dapat membuka opsi tangkapan layar dengan mengklik menu “File” dan memilih “Automate” dan “Batch”. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi tangkapan layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan di dalam Adobe Photoshop.

Menscreenshot dengan GIMP

Jika Anda menggunakan GIMP, Anda dapat menggunakan alat tangkapan layar yang disediakan oleh program ini. Anda dapat membuka alat tangkapan layar dengan mengklik menu “File” dan memilih “Create” dan “Screenshot”. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi tangkapan layar yang diinginkan, seperti tangkapan layar seluruh layar atau hanya jendela tertentu. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan di dalam GIMP.

Menscreenshot dengan CorelDRAW

Jika Anda menggunakan CorelDRAW, Anda dapat menggunakan alat tangkapan layar yang tersedia di program ini. Anda dapat membuka alat tangkapan layar dengan mengklik menu “File” dan memilih “Capture” dan “Screen Capture”. Setelah itu, Anda dapat memilih opsi tangkapan layar yang diinginkan, seperti tangkapan layar seluruh layar atau hanya bagian tertentu. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan di dalam CorelDRAW.

Menscreenshot dengan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda ingin merekam video dari layar laptop Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar seperti OBS Studio, Camtasia, atau Bandicam. Meskipun aplikasi ini dirancang untuk merekam video, mereka juga memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dalam format gambar. Berikut adalah beberapa aplikasi perekam layar yang dapat Anda gunakan untuk menscreenshot.

Menscreenshot dengan OBS Studio

OBS Studio adalah salah satu aplikasi perekam layar yang populer dan dapat digunakan untuk menscreenshot. Setelah Anda menginstal OBS Studio, Anda dapat membuka program ini dan mengatur pengaturan tangkapan layar sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat memilih area layar yang ingin Anda tangkap dan memilih opsi untuk merekam atau mengambil tangkapan layar. Setelah Anda selesai, Anda dapat menyimpan tangkapan layar sebagai file gambar sesuai keinginan Anda.

Menscreenshot dengan Camtasia

Camtasia adalah aplikasi perekam layar yang juga memiliki fitur tangkapan layar. Setelah Anda membuka Camtasia, Anda dapat memilih opsi tangkapan layar dan menentukan area yang ingin Anda screenshot. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan menggunakan fitur yang disediakan oleh Camtasia.

Menscreenshot dengan Bandicam

Bandicam adalah aplikasi perekam layar yang dapat digunakan untuk menscreenshot. Setelah Anda membuka Bandicam, Anda dapat memilih opsi tangkapan layar dan menentukan area yang ingin Anda screenshot. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar atau melakukan pengeditan tambahan menggunakan fitur yang disediakan oleh Bandicam.

Menscreenshot dengan Perintah di Command Prompt (Windows)

Jika Anda lebih suka menggunakan perintah di command prompt, Anda dapat menggunakan perintah “screenshot” atau “snippingtool” untuk mengambil tangkapan layar di Windows. Berikut adalah penjelasan tentang cara menggunakan perintah tangkapan layar yang tersedia di sistem operasi Windows.

Menscreenshot dengan Perintah “screenshot”

Anda dapat menggunakan perintah “screenshot” di command prompt untuk mengambil tangkapan layar di Windows. Untuk melakukannya, buka command prompt dengan mengetikkan “cmd” di kotak pencarian di menu Start. Setelah itu, ketikkan perintah “screenshot” di command prompt dan tekan Enter. Tangkapan layar akan disimpan di direktori tempat command prompt sedang aktif.

Menscreenshot dengan Perintah “snippingtool”

Windows juga menyediakan perintah “snippingtool” yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar dengan lebih banyak opsi. Untuk menggunakan perintah ini, buka command prompt dan ketikkan “snippingtool” di command prompt. Setelah itu, tekan Enter dan jendela Snipping Tool akan muncul. Anda dapat memilih opsi tangkapan layar yang diinginkan, seperti tangkapan layar seluruh layar, jendela, atau hanya bagian tertentu.

Menscreenshot dengan Aplikasi Mobile

Jika Anda ingin menscreenshot tampilan laptop Anda menggunakan smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi remote desktop seperti TeamViewer atau AnyDesk. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengontrol laptop Anda melalui smartphone dan mengambil tangkapan layar dari jarak jauh. Berikut adalah penjelasan tentang cara menggunakan aplikasi remote desktop untuk menscreenshot.

Menscreenshot dengan TeamViewer

TeamViewer adalah salah satu aplikasi remote desktop yang populer dan dapat digunakan untuk menscreenshot. Setelah Anda menginstal TeamViewer di laptop dan smartphone Anda, Anda dapat menghubungkan keduanya melalui aplikasi tersebut. Setelah koneksi terjalin, Anda dapat mengontrol laptop Anda melalui smartphone dan melakukan tangkapan layar dari jarak jauh. Anda dapat menyimpan tangkapan layar tersebut di smartphone Anda atau mengirimkannya ke teman atau rekaman lainnya.

Menscreenshot dengan AnyDesk

AnyDesk adalah aplikasi remote desktop lain yang dapat digunakan untuk menscreenshot. Setelah Anda menginstal AnyDesk di laptop dan smartphone Anda, Anda dapat menghubungkan keduanya melalui aplikasi tersebut. Setelah koneksi terjalin, Anda dapat mengontrol laptop Anda melalui smartphone dan melakukan tangkapan layar dari jarak jauh. Anda dapat menyimpan tangkapan layar tersebut di smartphone Anda atau mengirimkannya ke teman atau rekan lainnya.

Dengan mengetahui berbagai cara menscreenshot di laptop, Anda dapat dengan mudah menangkap tampilan yang Anda butuhkan. Pilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda hanya perlu menscreenshot seluruh layar, Anda dapat menggunakan tombol Print Screen atau PrtScn. Jika Anda hanya ingin menscreenshot jendela aktif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + PrtScn. Jika Anda membutuhkan lebih banyak opsi dan fitur, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snagit, Lightshot, atau Greenshot. Jika Anda hanya ingin menscreenshot bagian tertentu dari layar, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S di Windows 10. Jika Anda menggunakan macOS, Anda dapat menggunakan Aplikasi Tangkapan Layar.

Anda juga dapat menscreenshot menggunakan alat bawaan sistem operasi seperti Alat Potong dan Sketsa di Windows 10 atau Aplikasi Tangkapan Layar di macOS. Jika Anda sering melakukan tangkapan layar dari halaman web, Anda dapat menggunakan ekstensi browser seperti Fireshot atau Awesome Screenshot. Jika Anda menggunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Photoshop, GIMP, atau CorelDRAW, Anda juga dapat menscreenshot di dalam aplikasi tersebut. Untuk merekam video dari layar laptop Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar seperti OBS Studio, Camtasia, atau Bandicam. Terakhir, jika Anda ingin menscreenshot menggunakan smartphone, Anda dapat menggunakan aplikasi remote desktop seperti TeamViewer atau AnyDesk.

Jangan ragu untuk mencoba berbagai metode dan menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan panduan lengkap ini, Anda akan menjadi ahli dalam menscreenshot di laptop Anda. Selamat mencoba!

Related video of Cara Mudah Menscreenshot di Laptop: Panduan Lengkap

Leave a Comment