Cara Mengambil Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Apakah Anda sering kali ingin mengambil tangkapan layar (screenshot) di laptop Anda, tetapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot di laptop dengan mudah dan cepat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan lancar mengambil screenshot di laptop Anda, baik itu tangkapan layar seluruh layar atau hanya sebagian layar yang Anda pilih.

Sebelum kita mulai, penting untuk diketahui bahwa cara mengambil screenshot di laptop dapat sedikit berbeda tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah yang berlaku untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux. Jadi, apapun laptop yang Anda gunakan, kami akan memastikan Anda mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Cara Mengambil Screenshot Layar Penuh di Windows

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar seluruh layar di laptop Anda yang menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Menggunakan Tombol “PrtScn”

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan tombol “PrtScn” atau “Print Screen” pada keyboard Anda. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard, dekat dengan tombol “F12” atau “Insert”. Caranya sangat mudah, cukup tekan tombol “PrtScn” saat Anda ingin mengambil tangkapan layar seluruh layar.

Langkah 2: Menyimpan Screenshot

Setelah Anda menekan tombol “PrtScn”, gambar tangkapan layar akan disimpan ke clipboard. Anda kemudian dapat membuka program pengeditan gambar seperti Paint atau Word, kemudian tekan tombol “Ctrl + V” untuk mempaste gambar tangkapan layar tersebut. Setelah itu, Anda dapat menyimpannya sebagai file gambar dengan memilih “Save As” dan menentukan lokasi serta format file yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot seluruh layar di laptop Windows Anda. Namun, jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar pada jendela aktif, ada cara yang lebih cepat dan praktis.

Langkah 3: Menggunakan Tombol “Alt + PrtScn”

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar pada jendela aktif, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Alt + PrtScn”. Caranya sangat sederhana, cukup tekan tombol “Alt” dan “PrtScn” secara bersamaan saat jendela yang ingin Anda screenshot aktif. Gambar tangkapan layar jendela tersebut akan disimpan di clipboard, dan Anda dapat mempaste-nya ke program pengeditan gambar atau aplikasi lainnya untuk penyimpanan atau pengeditan lebih lanjut.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot layar penuh atau jendela aktif di laptop Windows Anda. Selanjutnya, kita akan membahas cara mengambil tangkapan layar sebagian layar di Windows.

Cara Mengambil Screenshot Sebagian Layar di Windows

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar sebagian layar di laptop Windows Anda, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Menggunakan Tombol “Windows + Shift + S”

Windows 10 menyediakan fitur khusus bernama “Snipping Tool”, yang memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar sebagian layar dengan mudah. Caranya, cukup tekan kombinasi tombol “Windows + Shift + S”. Setelah Anda menekan tombol tersebut, kursor mouse Anda akan berubah menjadi tanda tambah. Anda dapat menyeret tanda tambah untuk memilih area yang ingin Anda screenshot. Gambar tangkapan layar tersebut akan disimpan di clipboard dan Anda dapat mempaste-nya ke program pengeditan gambar atau aplikasi lainnya.

Langkah 2: Menggunakan Tombol “Snipping Tool”

Jika Anda menggunakan versi Windows sebelum Windows 10 atau tidak ingin menggunakan kombinasi tombol “Windows + Shift + S”, Anda masih dapat menggunakan fitur “Snipping Tool” yang terdapat di Windows. Caranya, cukup buka “Snipping Tool” melalui menu Start atau dengan mengetikkan “Snipping Tool” di kotak pencarian. Setelah terbuka, klik pada tombol “New” untuk memulai pengambilan tangkapan layar. Anda dapat memilih apakah ingin mengambil tangkapan layar seluruh layar, jendela aktif, atau sebagian layar dengan mengklik dan menyeret kursor mouse Anda. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan gambar tangkapan layar tersebut di lokasi yang diinginkan.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot sebagian layar di laptop Windows Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya, kita akan membahas cara mengambil screenshot di macOS.

Cara Mengambil Screenshot di macOS

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi macOS, mengambil screenshot juga dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Menggunakan Tombol “Shift + Command + 3”

Cara termudah untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar di macOS adalah dengan menggunakan kombinasi tombol “Shift + Command + 3”. Caranya sangat sederhana, cukup tekan kombinasi tombol tersebut saat Anda ingin mengambil tangkapan layar. Gambar tangkapan layar akan secara otomatis disimpan sebagai file gambar di desktop Anda.

Langkah 2: Menggunakan Tombol “Shift + Command + 4”

Jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar sebagian layar di macOS, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Shift + Command + 4”. Setelah Anda menekan kombinasi tombol tersebut, kursor mouse Anda akan berubah menjadi tanda tambah. Anda dapat menyeret tanda tambah untuk memilih area yang ingin Anda screenshot. Gambar tangkapan layar akan secara otomatis disimpan sebagai file gambar di desktop Anda.

Langkah 3: Menggunakan Tombol “Shift + Command + 4” kemudian spasi

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar hanya pada jendela aktif di macOS, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Shift + Command + 4” kemudian spasi. Caranya, tekan kombinasi tombol tersebut, kemudian kursor mouse Anda akan berubah menjadi ikon kamera. Anda dapat mengarahkan ikon kamera ke jendela aktif yang ingin Anda screenshot, kemudian klik pada jendela tersebut. Gambar tangkapan layar jendela aktif akan secara otomatis disimpan sebagai file gambar di desktop Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop macOS Anda. Selanjutnya, kita akan membahas cara mengambil screenshot di Linux.

Cara Mengambil Screenshot di Linux

Jika Anda menggunakan laptop dengan sistem operasi Linux, mengambil screenshot juga dapat dilakukan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Menggunakan Aplikasi Screenshot Bawaan

Banyak distribusi Linux menyediakan aplikasi screenshot bawaan yang dapat Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar. Anda dapat mencarinya di menu aplikasi atau menggunakan kombinasi tombol yang telah ditetapkan untuk aplikasi tersebut. Caranya, buka aplikasi screenshot bawaan, pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya mengambil tangkapan layar seluruh layar, sebagian layar, atau jendela tertentu. Setelah selesai, gambar tangkapan layar akan disimpan di lokasi yang telah ditentukan.

Langkah 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap dan fleksibel dalam mengambil screenshot di Linux, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Shutter adalah aplikasi screenshot populer yang

Langkah 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap dan fleksibel dalam mengambil screenshot di Linux, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Shutter adalah aplikasi screenshot populer yang menyediakan berbagai opsi dan fitur tambahan untuk mengambil tangkapan layar. Anda dapat menginstal Shutter melalui manajer paket di distribusi Linux Anda atau mengunduhnya langsung dari situs web resminya.

Setelah Anda menginstal Shutter, Anda akan memiliki akses ke berbagai opsi pengambilan screenshot. Anda dapat memilih apakah ingin mengambil tangkapan layar seluruh layar, sebagian layar, jendela tertentu, atau bahkan tangkapan layar jendela yang memiliki efek transparan. Anda juga dapat menentukan format file gambar, kualitas, dan lokasi penyimpanan yang diinginkan.

Untuk mengambil tangkapan layar dengan Shutter, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengambil tangkapan layar sebagian layar, Anda dapat menggunakan fitur “Selection” yang memungkinkan Anda untuk menentukan area yang ingin Anda screenshot dengan presisi. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan gambar tangkapan layar tersebut sesuai keinginan Anda.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop Linux Anda menggunakan aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga seperti Shutter. Selanjutnya, kita akan memberikan beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengambil screenshot dengan lebih efisien.

Tips Tambahan untuk Mengambil Screenshot di Laptop

Untuk membantu Anda mengambil screenshot di laptop dengan lebih efisien, berikut beberapa tips tambahan yang perlu Anda ketahui:

Menggunakan Tombol “Fn” + “PrtScn”

Pada beberapa laptop, terutama yang memiliki keyboard yang lebih kecil, tombol “PrtScn” mungkin digunakan untuk fungsi tambahan lainnya. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Fn” + “PrtScn” untuk mengambil screenshot. Pastikan untuk menekan tombol “Fn” terlebih dahulu, kemudian tekan tombol “PrtScn”. Gambar tangkapan layar akan disimpan di clipboard dan Anda dapat mempaste-nya ke program pengeditan gambar atau aplikasi lainnya.

Mengambil Screenshot Jendela Aktif

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot pada jendela aktif tanpa harus memotong atau memilih area tertentu, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Alt + PrtScn” di Windows atau “Shift + Command + 4” kemudian spasi di macOS. Caranya sangat sederhana, cukup aktifkan jendela yang ingin Anda screenshot, kemudian tekan kombinasi tombol tersebut. Gambar tangkapan layar jendela aktif akan disimpan di clipboard dan siap untuk dipaste ke program pengeditan gambar atau aplikasi lainnya.

Mengambil Screenshot Tanpa Menyimpan sebagai File Gambar

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot tanpa harus menyimpannya sebagai file gambar terlebih dahulu, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol “Ctrl + PrtScn” di Windows atau “Shift + Command + 3” di macOS. Caranya sangat mudah, cukup tekan kombinasi tombol tersebut saat Anda ingin mengambil tangkapan layar. Gambar tangkapan layar akan disimpan di clipboard dan Anda dapat langsung mempaste-nya ke program pengeditan gambar atau aplikasi lainnya untuk pengeditan atau penggunaan lebih lanjut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mengambil screenshot di laptop dengan lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sekarang, mari kita rangkum apa yang telah kita pelajari.

Kesimpulan

Mengambil screenshot di laptop merupakan tugas yang sangat berguna dalam berbagai situasi, baik itu untuk keperluan kerja, pembelajaran, atau berbagi informasi dengan orang lain. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil screenshot di laptop dengan mudah dan cepat untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux.

Anda telah belajar cara mengambil screenshot layar penuh dan sebagian layar di Windows, macOS, dan Linux. Anda juga telah mengetahui beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda mengambil screenshot dengan lebih efisien. Dengan pengetahuan yang Anda peroleh, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di laptop Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah dan tips yang telah kami berikan. Semakin sering Anda melakukannya, semakin mahir Anda akan menjadi dalam mengambil screenshot di laptop Anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Related video of Cara Mengambil Screenshot di Laptop dengan Mudah dan Cepat

Leave a Comment