Cara Screenshot Laptop Asus: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda memiliki laptop Asus dan ingin tahu cara melakukan screenshot? Screenshot adalah cara yang berguna untuk merekam tampilan layar Anda, baik itu gambar, teks, atau halaman web, sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi informasi dengan orang lain atau menyimpannya untuk referensi di masa depan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot di laptop Asus Anda.

Sebelum kita mulai, pastikan laptop Asus Anda sudah terhubung dengan jaringan internet dan sedang berjalan dalam keadaan normal. Kami akan membahas beberapa metode yang berbeda untuk melakukan screenshot di laptop Asus, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Mari kita mulai dengan metode pertama.

Cara Screenshot Menggunakan Tombol Print Screen

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Tombol ini umumnya terletak di sebelah kanan tombol F12. Ketika Anda menekan tombol Print Screen, tangkapan layar akan disimpan di clipboard komputer Anda. Anda kemudian dapat menempelkannya ke program pengedit gambar atau aplikasi lainnya untuk mengedit atau menyimpannya.

Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk melakukan screenshot hanya pada jendela aktif, bukan seluruh layar. Metode ini berguna jika Anda hanya ingin mengambil tangkapan layar dari jendela aplikasi tertentu.

Jika Anda ingin melakukan screenshot selektif, yaitu hanya bagian tertentu dari layar, Anda dapat menggunakan tombol Windows + Shift + S untuk membuka alat screenshot Windows. Anda dapat memilih area yang ingin Anda screenshot dan hasil tangkapan layar akan disimpan di clipboard.

Summary: Metode pertama untuk melakukan screenshot di laptop Asus adalah menggunakan tombol Print Screen pada keyboard. Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Alt + Print Screen untuk mengambil tangkapan layar jendela aktif. Jika Anda ingin melakukan screenshot selektif, gunakan tombol Windows + Shift + S untuk membuka alat screenshot Windows.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Tombol Windows + Print Screen

Jika Anda ingin melakukan screenshot seluruh layar dan menyimpannya langsung dalam bentuk file gambar, maka metode ini sangat cocok untuk Anda. Cukup tekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan, dan screenshot akan langsung disimpan dalam folder “Gambar” di komputer Anda. Anda dapat mengakses folder tersebut untuk melihat dan menggunakan tangkapan layar yang baru saja Anda buat.

Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk membuka alat screenshot Windows dan melakukan screenshot selektif. Setelah Anda memilih area yang ingin Anda screenshot, hasil tangkapan layar akan langsung disimpan dalam folder “Gambar” di komputer Anda.

Summary: Metode kedua adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Windows + Print Screen untuk melakukan screenshot seluruh layar. Jika Anda ingin melakukan screenshot selektif, gunakan kombinasi tombol Windows + Shift + S untuk membuka alat screenshot Windows.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih banyak opsi dan fitur saat melakukan screenshot, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snagit, Lightshot, atau Greenshot. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menentukan area yang ingin Anda screenshot, melakukan pengeditan langsung, dan menyimpan tangkapan layar dalam berbagai format file yang Anda inginkan.

Snagit

Snagit adalah salah satu aplikasi screenshot paling populer yang banyak digunakan oleh para profesional. Dengan Snagit, Anda dapat melakukan screenshot pada layar penuh, jendela aplikasi, atau area tertentu yang Anda tentukan. Anda juga dapat menambahkan teks, panah, atau objek lain ke dalam tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Anda dapat mengatur preferensi Snagit sesuai kebutuhan Anda, seperti format file yang diinginkan, folder penyimpanan, atau tombol pintas untuk melakukan screenshot dengan cepat.

Lightshot

Jika Anda mencari aplikasi screenshot yang sederhana dan mudah digunakan, Lightshot adalah pilihan yang bagus. Dengan Lightshot, Anda dapat dengan mudah menangkap area yang ingin Anda screenshot dengan menyeret kursor Anda. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat mengeditnya langsung di dalam aplikasi sebelum menyimpannya.

Lightshot juga menyediakan fitur berbagi secara langsung ke platform media sosial atau mengunggahnya ke server Lightshot untuk mendapatkan tautan berbagi.

Greenshot

Greenshot adalah aplikasi screenshot open-source yang dapat Anda gunakan secara gratis. Dengan Greenshot, Anda dapat melakukan screenshot pada layar penuh, jendela aplikasi, atau area yang ditentukan dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan teks, panah, atau highlight ke dalam tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Greenshot juga menyediakan opsi untuk mengatur preferensi seperti format file, folder penyimpanan, atau tombol pintas untuk memudahkan penggunaan.

Summary: Metode ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Snagit, Lightshot, atau Greenshot. Aplikasi ini memberikan lebih banyak opsi dan fitur saat melakukan screenshot, termasuk pengeditan langsung dan pilihan format file yang beragam.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Fitur Bawaan Asus

Tidak semua laptop Asus memiliki fitur screenshot bawaan, tetapi beberapa model memiliki aplikasi Asus Screen Capture yang dapat digunakan untuk melakukan screenshot. Anda dapat mencarinya dalam daftar program yang terpasang di laptop Anda atau mengunjungi situs web resmi Asus untuk mendownload aplikasi tersebut.

Jika laptop Asus Anda memiliki aplikasi Asus Screen Capture, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan screenshot dengan mudah. Buka aplikasi tersebut, pilih area yang ingin Anda screenshot, lalu simpan hasil tangkapan layar sesuai keinginan Anda.

Summary: Metode keempat adalah dengan menggunakan fitur bawaan Asus, seperti aplikasi Asus Screen Capture. Fitur ini tidak tersedia di semua laptop Asus, tetapi jika tersedia, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melakukan screenshot dengan mudah.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Extension Browser

Jika Anda sering melakukan screenshot halaman web atau ingin menangkap area tertentu di browser, Anda dapat menggunakan extension browser seperti Fireshot, Awesome Screenshot, atau Nimbus. Extension ini akan memberikan Anda opsi untuk melakukan screenshot dan kemudian mengeditnya langsung di browser sebelum menyimpannya.

Fireshot

Fireshot adalah extension browser yang kompatibel dengan banyak browser populer seperti Chrome, Firefox, dan Edge. Dengan Fireshot, Anda dapat dengan mudah menangkap seluruh halaman web atau area yang dipilih dan mengeditnya langsung di dalam browser sebelum menyimpannya.

Fireshot juga menyediakan fitur untuk menambahkan teks, panah, atau objek lain ke dalam tangkapan layar, serta fitur berbagi ke platform media sosial atau mengunggahnya ke server Fireshot untuk mendapatkan tautan berbagi.

Awesome Screenshot

Awesome Screenshot adalah extension browser yang juga kompatibel dengan berbagai browser populer. Dengan Awesome Screenshot, Anda dapat melakukan screenshot pada halaman web secara keseluruhan atau area yang Anda tentukan. Anda juga dapat mengedit tangkapan layar dengan menambahkan teks, panah, atau obyek lain sebelum menyimpannya.

Awesome Screenshot menyediakan fitur berbagi langsung ke platform media sosial atau mengunggahnya ke server Awesome Screenshot untuk mendapatkan tautan berbagi.

Nimbus

Nimbus adalah extension browser yang memiliki fitur lengkap untuk melakukan screenshot dan pengeditan di dalam browser. Dengan Nimbus, Anda dapat menangkap seluruh halaman web, jendela aplikasi, atau area yang ditentukan dengan mudah. Anda juga dapat menambahkan teks, panah, atau obyek lain ke dalam tangkapan layar sebelum menyimpannya.

Nimbus menyediakan fitur berbagi langsung ke platform media sosial atau mengunggahnya ke server Nimbus untuk mendapatkan tautan berbagi.

Summary: Metode kelima adalah dengan menggunakan extension browser seperti Fireshot, Awesome Screenshot, atau Nimbus. Extension ini berguna ketika Anda ingin melakukan screenshot halaman web atau menangkap area tertentu di browser dengan kemampuan pengeditan langsung sebelum menyimpannya.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Fitur Game Bar

Jika Anda ingin melakukan screenshot saat bermain game atau menonton video, Windows 10 memiliki fitur Game Bar yang dapat Anda manfaatkan. Tekan tombol Windows + G untuk membuka Game Bar, kemudian klik ikon kamera untuk melakukan screenshot. Tangkapan layar akan disimpan di folder “Dokumen” dengan nama yang menggambarkan judul game atau video yang sedang Anda mainkan.

Fitur Game Bar juga memungkinkan Anda merekam video selama bermain game atau menonton video dengan mengklik ikon kamera video. Anda dapat mengatur preferensi Game Bar, seperti kualitas video, resolusi, dan lokasi penyimpanan file.

Summary: Metode keenam adalah dengan menggunakan fitur Game Bar di Windows 10. Fitur ini berguna saat Anda ingin melakukan screenshot saat bermain game atau menonton video, dan tangkapan layar akan disimpan di folder “Dokumen”. Fitur Game Bar juga memungkinkan Anda merekam video selama bermain game atau menonton video.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Pengeditan

Jika Anda ingin melakukan screenshot dan melakukan pengeditan sederhana seperti menambahkan teks atau tanda panah, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Paint, Adobe Photoshop, atau GIMP. Buka aplikasi tersebut, tempelkan tangkapan layar dari clipboard, lalu tambahkan atau edit elemen yang Anda inginkan sebelum menyimpannya.

Paint

Paint adalah aplikasi pengeditan gambar sederhana yang telah lama ada di Windows. Dengan Paint, Anda dapat dengan mudah menempelkan tangkapan layar dari clipboard dan melakukan pengeditan sederhana seperti menambahkan teks, tanda panah, atau menggaris bingkai sebelum menyimpannya dalam format gambar yang Anda inginkan.

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi pengeditan gambar paling populer yang digunakan oleh para profesional. Dengan Photoshop, Anda dapat melakukan pengeditan yang lebih kompleks pada tangkapan layar, seperti mengubah warna, menghapus objek, atau menambahkan efek khusus. Photoshop juga menyediakan berbagai alat pengeditan yang canggih untuk mencapai hasil yang diinginkan.

GIMP

GIMP adalah aplikasi pengeditan gambar open-source yang dapat Anda gunakan secara gratis. Dengan GIMP, Anda dapat melakukan pengeditan gambar yang mirip dengan Adobe Photoshop, termasuk pengeditan tangkapan layar yang Anda buat. GIMP juga memiliki berbagai fitur dan alat pengeditan yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan gambar yang berkualitas.

Summary: Metode ketujuh adalah dengan menggunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Paint, Adobe Photoshop, atau GIMP. Anda dapat menempelkan tangkapan layar dari clipboard dan melakukan pengeditan sederhana atau kompleks sebelum menyimpannya.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Shortcut Aplikasi

Jika Anda sering menggunakan aplikasi tertentu dan ingin melakukan screenshot dengan cepat, Anda dapat menggunakan shortcut aplikasi tersebut. Buka aplikasi yang ingin Anda screenshot, lalu tekan tombol Print Screen atau kombinasi tombol yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Tangkapan layar akan disimpan dalam clipboard atau langsung dalam bentuk file, tergantung pada pengaturan aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi juga menyediakan tombol pintas khusus untuk melakukan screenshot. Misalnya, aplikasi Microsoft Word memiliki tombol pintas Ctrl + Alt + Print Screen untuk melakukan screenshot halaman aktif dan menempelkannya langsung ke dokumen Word. Pastikan Anda mengetahui tombol pintas yang disediakan oleh aplikasi yang ingin Anda screenshot.

Summary: Metode kedelapan adalah dengan menggunakan shortcut aplikasi yang ingin Anda screenshot. Tangkapan layar akan disimpan di clipboard atau langsung dalam bentuk file, tergantung pada pengaturan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi juga menyediakan tombol pintas khusus untuk melakukan screenshot.

Cara Screenshot Menggunakan Aplikasi Windows Snipping Tool

Windows Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang memungkinkan Anda untuk menangkap area tertentu di layar dan menyimpannya dalam bentuk file gambar. Buka aplikasi Snipping Tool, pilih jenis tangkapan layar yang diinginkan, seret kursor untuk memilih area yang ingin Anda screenshot, lalu simpan hasil tangkapan layar tersebut.

Snipping Tool juga menyediakan beberapa opsi tambahan seperti menandai, menggaris bingkai, atau mengedit tangkapan layar sebelum menyimpannya. Anda juga dapat mengatur preferensi Snipping Tool seperti format file, folder penyimpanan, atau tombol pintas yang ingin Anda gunakan.

Summary: Metode kesembilan adalah menggunakan aplikasi bawaan Windows Snipping Tool untuk menangkap area tertentu di layar. Anda dapat memilih jenis tangkapan layar, mengedit tangkapan layar, dan menyimpannya dalam format gambar yang diinginkan.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Snip & Sketch

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Snip & Sketch yang merupakan pengganti Snipping Tool. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menangkap area tertentu di layar, melakukan pengeditan sederhana, dan langsung menyimpan hasil tangkapan layar dalam bentuk file gambar.

Buka aplikasi Snip & Sketch, pilih jenis tangkapan layar yang diinginkan, seret kursor untuk memilih area yang ingin Anda screenshot, lalu simpan hasil tangkapan layar tersebut. Aplikasi Snip & Sketch juga menyediakan beberapa alat pengeditan sederhana seperti pena, teks, atau highlight untuk memperbaiki tangkapan layar Anda sebelum menyimpannya.

Summary: Metode kesepuluh adalah menggunakan aplikasi Snip & Sketch di Windows 10. Anda dapat menangkap area tertentu di layar, melakukan pengeditan sederhana, dan langsung menyimpan tangkapan layar dalam bentuk file gambar.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan screenshot di laptop Asus. Kami telah menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan, mulai dari menggunakan tombol Print Screen hingga aplikasi pihak ketiga. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan screenshot di laptop Asus Anda.

Related video of Cara Screenshot Laptop Asus: Panduan Lengkap dan Terperinci

Leave a Comment