Cara Menggunakan Print Screen di Laptop: Panduan Lengkap

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “print screen” atau tombol PrtScn pada keyboard laptop Anda. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya print screen itu dan bagaimana cara menggunakannya? Artikel ini akan membahas secara detail tentang print screen di laptop dan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakannya. Dengan memahami dan menguasai fitur print screen ini, Anda akan dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar (screenshot) dari apa yang sedang ditampilkan di layar laptop Anda.

Apa itu Print Screen?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menggunakan print screen di laptop, penting untuk memahami apa itu print screen. Print screen adalah tombol pada keyboard yang berfungsi untuk mengambil tangkapan layar dari apa yang sedang ditampilkan di layar laptop Anda. Ketika Anda menekan tombol print screen, laptop akan menyimpan screenshot di clipboard, yang kemudian dapat Anda paste ke aplikasi pengedit gambar atau dokumen lainnya.

Cara Menggunakan Print Screen di Laptop

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan print screen di laptop, tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut adalah dua metode umum yang dapat Anda coba:

Menggunakan Print Screen dengan Tombol PrtScn

Menggunakan tombol PrtScn adalah metode yang paling umum digunakan untuk mengambil screenshot di laptop. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan tampilan yang ingin Anda tangkap layarnya sedang aktif.

Sebelum mengambil screenshot dengan tombol PrtScn, pastikan bahwa tampilan yang ingin Anda tangkap sedang aktif di layar laptop Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot dari halaman web, pastikan halaman web tersebut sedang terbuka di layar.

Langkah 2: Tekan tombol PrtScn pada keyboard.

Setelah tampilan yang ingin Anda tangkap sudah aktif, tekan tombol PrtScn pada keyboard laptop Anda. Tombol ini biasanya terletak di bagian atas keyboard, dekat dengan tombol F12 atau Pause/Break. Ketika Anda menekan tombol ini, laptop akan mengambil screenshot dan menyimpannya di clipboard.

Langkah 3: Buka aplikasi pengedit gambar atau dokumen lainnya.

Setelah mengambil screenshot dengan tombol PrtScn, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi pengedit gambar atau dokumen lainnya di laptop Anda. Aplikasi ini akan digunakan untuk mempaste screenshot yang telah diambil.

Langkah 4: Tempelkan screenshot yang telah diambil dengan menekan tombol Ctrl + V atau klik kanan dan pilih “Paste”.

Setelah membuka aplikasi pengedit gambar atau dokumen, Anda dapat mempaste screenshot yang telah diambil sebelumnya. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + V secara bersamaan atau klik kanan pada area kerja aplikasi dan pilih “Paste”. Screenshot akan muncul di aplikasi tersebut dan Anda dapat mengeditnya atau menyimpannya sesuai kebutuhan.

Menggunakan Print Screen dengan Tombol Alt + PrtScn

Jika Anda hanya ingin mengambil screenshot dari jendela aktif dan tidak seluruh layar, metode ini sangat berguna. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan jendela yang ingin Anda tangkap layarnya sedang aktif.

Sebelum mengambil screenshot dengan kombinasi tombol Alt + PrtScn, pastikan bahwa jendela yang ingin Anda tangkap sedang aktif di layar laptop Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengambil screenshot dari jendela aplikasi, pastikan jendela aplikasi tersebut sedang terbuka di layar.

Langkah 2: Tekan tombol Alt + PrtScn pada keyboard.

Setelah jendela yang ingin Anda tangkap sudah aktif, tekan tombol Alt + PrtScn pada keyboard laptop Anda. Tombol Alt biasanya terletak di sebelah kiri tombol spasi, sedangkan tombol PrtScn terletak di bagian atas keyboard, dekat dengan tombol F12 atau Pause/Break. Ketika Anda menekan kombinasi tombol ini, laptop akan mengambil screenshot dari jendela aktif dan menyimpannya di clipboard.

Langkah 3: Buka aplikasi pengedit gambar atau dokumen lainnya.

Setelah mengambil screenshot dengan kombinasi tombol Alt + PrtScn, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi pengedit gambar atau dokumen lainnya di laptop Anda. Aplikasi ini akan digunakan untuk mempaste screenshot yang telah diambil.

Langkah 4: Tempelkan screenshot yang telah diambil dengan menekan tombol Ctrl + V atau klik kanan dan pilih “Paste”.

Setelah membuka aplikasi pengedit gambar atau dokumen, Anda dapat mempaste screenshot yang telah diambil sebelumnya. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + V secara bersamaan atau klik kanan pada area kerja aplikasi dan pilih “Paste”. Screenshot akan muncul di aplikasi tersebut dan Anda dapat mengeditnya atau menyimpannya sesuai kebutuhan.

Tips dan Trik Menggunakan Print Screen di Laptop

Selain menggunakan metode dasar, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan print screen di laptop:

Menggunakan Kombinasi Tombol Print Screen dengan Tombol Lain

Salah satu trik yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol print screen dengan tombol lain, seperti Ctrl atau Alt. Dengan menggabungkan tombol-tombol ini, Anda akan dapat mengambil screenshot dengan fitur tambahan. Misalnya, Anda dapat menggunakan tombol Ctrl + PrtScn untuk mengambil screenshot dan langsung menyimpannya sebagai file gambar tanpa perlu mempaste ke aplikasi pengedit.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda merasa fitur print screen bawaan pada laptop Anda kurang memadai, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur tambahan untuk mengambil screenshot. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah Lightshot, Greenshot, atau Snagit. Aplikasi-aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap dan memudahkan Anda dalam mengambil, mengedit, dan menyimpan screenshot.

Mempelajari Fungsi dan Pengaturan Tambahan pada Aplikasi Pengedit Gambar

Untuk mengoptimalkan penggunaan print screen di laptop, Anda juga perlu mempelajari fungsi dan pengaturan tambahan pada aplikasi pengedit gambar yang Anda gunakan. Dengan memahami pengaturan-pengaturan ini, Anda dapat mengedit screenshot yang telah diambil sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda dapat memotong, mengubah ukuran, menambahkan teks, atau menyorot bagian tertentu pada screenshot.

Kesimpulan

Print screen adalah fitur yang sangat berguna pada laptop untuk mengambil tangkapan layar. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menggunakan print screen di laptop, mulai dari metode dasar hingga tips dan trik untuk mengoptimalkan penggunaannya. Dengan memahami dan menguasai fitur print screen ini, Anda dapat meningkatkan produktivitas Anda dalam pekerjaan atau belajar. Jadi, segera coba dan manfaatkan fitur print screen di laptop Anda!

Related video of Cara Menggunakan Print Screen di Laptop: Panduan Lengkap

Leave a Comment